Breaking News:

Berita Aceh Utara

Mahasiswa Unimal Budidayakan Tanaman Obat di Simpang Keuramat Aceh Utara

Tanaman obat yang ditanam ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya dan sangat mudah dalam perawatannya.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Taufik Hidayat
Dok Mahasiswa
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Kelompok 191 melaksanakan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Gampong Keude Simpang Empat, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Kelompok 191 melaksanakan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Gampong Keude Simpang Empat, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara.

Ketua KKN-PPM Kelompok 191 Gampong Keude Simpang Empat, Zata Taris Zharfan, Kamis (25/11/2021), mengatakan pembuatan Toga di halaman balai pengajian tersebut dilakukan untuk memperkenalkan tanaman obat kepada masyarakat. Dimana tamana tersebut dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

“Tanaman yang kami tanam itu berupa Kunyit, Jahe, Kencur, Sirih, Serai, Jeruk Purut, Binahong, Daun Bidara, Ekor Kucing, Kumis Kucing, Patah Tulang dan Bunga Telang. Tanaman yang kami tanam ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya dan sangat mudah dalam perawatannya,” katanya.

Kegiatan Penanaman Tanaman Obat Keluarga diikuti oleh Mahasiswa yang berada dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Nazaruddin, S. Sos., M.A.P. 

Mahasiswa KKN yang tergabung dalam kelompok 191 terdiri dari Zata Taris Zharfan, Nabil Ibnu Sina, Zikra Ihtasya Annabila, Syifa Chairunnisa, Faiza Ardianti, Wina Andria, Sri Dea Varissa, Chairinnisa, Halim Muhshi Amran,  dan Yoga Hussainy Lubis. 

Lanjutnya, dengan tersedianya Tanaman Obat Keluarga ini diharapkan warga Gampong Keude Simpang Empat dapat mencontoh dan menanam di perkarangan rumah masing-masing.

Baca juga: VIDEO Kisah Hidup Ismail Rasyid CEO Trans Continent, Merantau ke Batam Bawa Uang Rp 200 Ribu

Baca juga: Daftar Khatib dan Imam Shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman dan 65 Masjid Banda Aceh Lainnya

Baca juga: Keluarga Duafa Hidup di Tenda Menangis Didatangi Pejabat, Zulkifli: Tolong Selamatkan Anak-anak Saya

Keuchik Gampong Keude Simpang Empat,  Muhammad Romi, mendukung kegiatan mahasiswa tersebut dengan mengizinkan lahan milik gampong untuk dikelola menjadi Tanaman Obat Keluarga yang akan dikonsumsi oleh warga. “Kami mendukung dan mengapresiasi upaya mahasiswa KKN. Hal ini jadi sebuah solusi yang inovasi ditengah pandemi.” tegasnya.

Selain menanam tanaman herbal, para anggota kelompok juga memberi nama dari setiap jenis Tanaman Obat Keluarga di Polybag sehingga ketika bibit itu sudah mulai tumbuh, masyarakat dapat mengetahui jenis-jenis tanaman yang ditanam.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved