Breaking News:

Berita Jakarta

Mendagri Tegur Aceh dan 25 Provinsi Lain, Realisasi Belanja APBA Masih Rendah, di Bawah 70 Persen

Mendagri Muhammad Tito Karnavian menegur pemerintah daerah (Pemda) yang realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya masih rendah.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Mendagri Muhammad Tito Karnavian 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian menegur pemerintah daerah (Pemda) yang realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya masih terbilang rendah.

Teguran itu disampaikan Mendagri saat Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Menteri Keuangan dan Pemda melalui video conference (vicon), Senin (22/11/2021).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah per 19 November 2021, dari 34 provinsi di Indonesia hanya 8 provinsi yang angka realisasi belanja APBD-nya di atas 70 persen.

Sedangkan 26 provinsi lainnya termasuk Aceh, realisasi belanja APBD-nya masih di bawah 70 persen.

Daerah-daerah tersebut di antaranya adalah Provinsi Papua, Sulawesi Barat, Papua Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Jambi, dan beberapa provinsi lainnya.

Di samping itu, terdapat pula kabupaten dengan realisasi belanja APBD-nya di bawah 50 persen.

Baca juga: Mendagri Ingatkan Daerah, Untuk Percepat Realisasi Anggaran

Yakni Tolikara, Penajam Paser Utara, Yalimo, Mamberamo Raya, Mahakam Ulu, Pegunungan Arfak, Lahat, Enrekang, Raja Ampat, dan Kupang.

Sementara itu, kota dengan realisasi belanja yang masih terbilang rendah, di antaranya Cimahi, Tanjung Balai, Sorong, Sibolga, Bau-Bau, Batu, Kendari, Singkawang, Subulussalam, Palembang, dan beberapa kota lainnya.

Mendagri dengan tegas mengingatkan, daerah-daerah yang realisasi belanjanya masih rendah agar mempercepat realisasi belanjanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved