Breaking News:

Pangan Aceh

Potensi Melimpah, DPRA Nilai Pangan Aceh belum Termanfaatkan dengan Baik

Selain Safaruddin, kegiatan yang mengangkat tema 'Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Aceh', juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya baik d

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Wakil Ketua DPRA, Safaruddin. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Provinsi Aceh memiliki potensi pangan yang melimpah.

Sayangnya belum termanfaatkan dengan baik sehingga menimbulkan dampak berupa ketergantungan Aceh pada Sumatera Utara (Sumut) dan masih tingginya angka stunting.

Kondisi tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin SSos MSP saat menjadi pemateri pada webinar nasional yang digagas Badan Pengurus Wilayah (BPW) Perhimpunan Sarjana Pertanian Indoensia (PISPI) Aceh, Sabtu (27/11/2021).

Selain Safaruddin, kegiatan yang mengangkat tema 'Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Aceh', juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya baik dari nasional maupun lokal.

Baca juga: VIDEO Pasangan Suami Istri dari Aceh Tuntaskan Touring Aceh-Papua Naik Sepeda Motor

Yaitu Ketua Presedium BPP Pispi Dr Jamhari SP MP, Kepala Distanbun Aceh, Ir Cut Huzaimah MP, Dewan Pakar BPW Pispi Aceh, Prof Dr Sabaruddin MAgri, dan pengusaha milenial Sarbaini STp.

Dalam kesempatan itu, Safaruddin mengungkapkan sebenarnya Aceh memiliki potensi sebagai lumbung pangan dengan berbagai macam ragam sumber pangan menuju kedaulatan pangan.

Sayangnya, potensi yang ada tersebut belum termanfaatkan dengan baik.

Di sisi lain, ternyata Aceh juga belum memiliki Qanun Aceh tentang Kedaulatan dan Kamandirian Pangan Aceh untuk memberikan kepastian hukum.

Baca juga: Polda Aceh Gelar Vaksinasi Massal di Aceh Besar, Dipantau Kapolri Secara Virtual

"Saat ini baru ada Pergup (Peraturan Gubernur) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Gerakan Aceh Mandiri Pangan. Seharusnya Aceh sudah memiliki qanun dan ini juga menjadi tugas DPRA untuk melahirkan qanun ini," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved