Breaking News:

Berita Aceh Besar

Banyak Sampah dari Luar Negeri Masuk Pesisir Pulo Aceh

Komunitas Gerakan Aksi Baik (GAB) melakukan pembersihan pantai dan pendataan sampah di Pantai Batu Cincin Gampong Pasi Janeng, Kecamatan Pulo Aceh

Penulis: Hendri Abik | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Komunitas Gerakan Aksi Baik (GAB) melakukan kegiatan pembersihan pantai dan pendataan sampah di Pantai Batu Cincin Gampong Pasi Janeng, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini bertema "Beach Clean Up" berlangsung dari dari tanggal 26-28 Nov 2021 

Laporan Hendri | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komunitas Gerakan Aksi Baik (GAB) melakukan kegiatan pembersihan pantai dan pendataan sampah di Pantai Batu Cincin Gampong Pasi Janeng, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan ini bertema "Beach Clean Up" berlangsung dari dari tanggal 26-28 Nov 2021.

Dan sebelumnya, kegiatan serupa sudah dilakukan sebanyak 5 kali di sejumlah  pantai di Aceh Besar.

Ketua Komunitas Gerakan Aksi Baik (GAB), Afrita Ida Utami, mengatakan Beach Clean Up bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir dalam pentingnya menjaga kawasan pesisir. 

Baca juga: Jangan Lupa! Peserta SKB CPNS Kemenag 2021 Wajib Isi Daftar Riwayat Hidup, Terakhir 30 November 2021

Selain itu kegiatan tersebut dilaksanakan, katanya juga untuk mengkampanyekan kegiatan bersih sampah kepada masyarakat luas serta menjaring penggerak lingkungan khususnya anak muda.

“Harapannya kegiatan ini dapat mengurangi timbulan sampah dikawasan pesisir, mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk menjaga pantai dari kerusakan yang diakibatkan oleh sampah.

Sehingga terdorongnya peluang destinasi wisata yang bersih dan nyaman di Pulau Nasi”. ujar Afrita.

Lanjutnya, kegiatan tersebut melibatkan 48 orang, yang terdiri dari Relawan Gerakan Aksi Baik, Guru beserta siswa/i MIN 47 Aceh Besar, masyarakat serta Pemerintah Gampong Pasi Janeng dan Koramil Pulo Aceh.

Baca juga: Atlet Sepatu Roda dan Skateboard Abdya Sumbang Delapan Medali

“Dari hasil pengumpulan sampah yang berjarak 100 meter menghasilkan 83,8 Kg terdiri dari beberapa jenis yaitu sampah kemasan, botol plastik, botol kaca dan Sandal.

Sampah yang dikumpulkan nantinya akan di audit berdasarkan Jenis, Brand, Ukuran dan Negara Asal Produksi.

Selain sampah produksi dalam negeri ditemukan juga botol plastik yang diproduksi dari luar negeri seperti Malaysia, Kenya, Maldives, dan lainnya”  tutup Afrita.(*)

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Kokoh Dipuncak Kalahkan Sevilla, Benzema dan Vinicius Top Skor

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved