Breaking News:

Berita Aceh Besar

DKP Aceh Besar Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

Aceh Besar memiliki potensi sumber daya ikan yang melimpah, namun angka konsumsi ikan per kapita per tahun masih sangat rendah.

Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, Ir Makmun MT berfoto bersama peserta sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Aula pertemuan Desa Lamlhee, Kecamatan Suka Makmur, Sibreh, Aceh Besar, Minggu (5/12/2021) 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sedang mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Program pemerintah ini  bertujuan mengkampanyekan pentingnya manfaat konsumsi ikan sejak usia dini karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak-anak.

Program Gemarikan dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar,  Ir Makmun MT, di Aula pertemuan Desa Lamlhee, Kecamatan Suka Makmur, Sibreh, Aceh Besar, Minggu (5/12/2021) 

Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, Ir Makmun MT mengatakan, secara geografis Aceh Besar memiliki potensi sumber daya ikan yang melimpah baik ikan laut maupun ikan air tawar, akan tetapi angka konsumsi ikan per kapita per tahun masih sangat rendah.

Hal ini tentu perlu upaya untuk menjadikan ikan sebagai sumber pangan masyarakat, melalui ibu-ibu peserta sosialisasi ini dapat menjadi ujung tombak penyebarluasan informasi mengenai berbagai manfaat ikan, sehingga dapat meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) dan masyarakat Kabupaten Aceh Besar akan terbebas dari stunting.

Selanjutnya, Narasumber dari DKP Aceh, Ida Hafni SPi menjelaskan, ikan sebagai salah satu sumber kaya protein yang murah dibandingkan daging dan  kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal.

Dikatakannya, ikan dapat diolah  menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi  olahan seperti sosis, nugget, bakso, abon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan lainnya. Di akhir acara, peserta dilatih mengolah ikan menjadi sosis, nugget, bakso, kaki naga, dan abon ikan.(*)

Baca juga: Panglima TNI dan Kasad Kirim Karangan Bunga Untuk Sertu Anumerta Putra Rahaldi di Simeulue

Baca juga: VIDEO Meriahnya Peringatan Maulid Nabi di Gampong Meunasah Krueng Aceh Besar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved