Breaking News:

Berita Aceh Barat

UTU Masuk Nominasi PDDikti Awards, 1 dari 17 PTN Akademik Terbaik di Indonesia

Penghargaan PDDIKTI Awards ini diberikan kepada kampus yang pelaporan datanya tuntas 100 persen.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Taufik Hidayat
SERAMBINEWS.COM/SA’DUL BAHRI
Rektor UTU Meulaboh, Prof Dr Jasman J Ma'ruf       

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Di Penghujung tahun 2021 Universitas Teuku Umar (UTU) kembali meraih nominasi penghargaan PDDIKTI Awards dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dalam kategori taat lapor dengan pelaporan data tuntas 100 persen.

UTU sepanjang tahun 2021 berhasil meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang, baik infrastruktur, prestasi mahasiswa dan juga prestasi akademik lainnya. Masuknya UTU sebagai salah satu nominator Perguruan Tinggi Negeri Akademik taat lapor menambah daftar prestasi Universitas Teuku Umar di pentas Nasional.

UTU bersama USK, ITERA dan UMRAH menjadi wakil dari Sumatera yang tergabung ke dalam 17 PTN Akademik se Indonesia yang masuk dalam nominasi penghargaan ini. Keberhasilan ini menunjukkan kemampuan UTU untuk berkompetisi dan mensejajarkan diri dengan kampus terbaik lainnya di Indonesia.

Dikutip dari Akun Resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemdikbud Ristek, penghargaan ini diberikan kepada kampus yang pelaporan datanya tuntas 100 persen.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma'ruf kepada Serambinews.com, Senin (6/12/21) mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas capaian yang diperoleh selama ini. Menurutnya, nominasi penghargaan ini menjadi bukti bahwa pelayanan akademik di Universitas Teuku Umar salah satu yang terbaik di Indonesia. Karena pelaporan yang baik berarti seluruh aktivitas pelayanan dan perkuliahan terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

"Ini satu bentuk pengakuan dari Kementerian, bahwasanya UTU berhasil melakukan upaya pelayanan akademik terbaik berupa pelaporan data pendidikan tinggi yang mampu meraih persentase sempurna," ujar Prof Jasman.

Baca juga: Magister Kesehatan Masyarakat Unmuha Raih Akreditasi Unggul, FKM Langsung Siapkan Prodi S3

Baca juga: VIDEO Ustaz Zacky Mirza Kecelakaan di Aceh, Kaca Mobil di Samping Sopir Pecah, Begini Kondisinya

Ia menambahkan, bahwa capaian tersebut tidak banyak kampus yang mampu meraihnya, hanya 17 PTN Akademik dan 23 politeknik yang memperoleh penghargaan ini. Beberapa di antaranya seperti Universitas Padjajaran dan Institut Teknologi Bandung.

“Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, meskipun UTU merupakan  Perguruan Tinggi baru, yaitu baru 7 tahun berstatus PTN, tapi kualitasnya layanan, proses, output dan outcome sangat membanggakan kita,” lanjut Prof Jasman.

Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang mewabah dunia termasuk Indonesia, UTU mampu meningkatkan dan meraih prestasi. Tentu ini tidak mudah, harus memiliki semangat juang yang tinggi disertai dengan kreativitas dan inovasi.

"Pandemi bukanlah alasan bagi kami untuk berdiam diri, justru keterbatasan itu dapat melahirkan inovasi. Ini semua tidak akan tercapai tanpa kerja keras dan kerja cerdas seluruh Civitas akademika Universitas Teuku Umar," lanjut Prof Jasman.

Prestasi PDDIKTI Awards ini, menurut Prof Jasman, tidak terlepas dari komitmen yang kuat dan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia luas di era revolusi industri 4.0 untuk menunjang kerja-kerja akademik, seperti pemanfaatan sistem informasi akademik, aplikasi berbasis online dan sejumlah teknologi lainnya.

Baca juga: Sudah Cerai 2 Tahun, Pria Ini Nikahi Lagi Mantan Istrinya yang Sakit Parah, Bahkan Donor Ginjalnya

Baca juga: Jadwal Kejuaraan Dunia BWF 2021 - Wakil Indonesia Mulai Bertanding Pada 12 Desember, Ini Lawannya

Adapun ke-17 PTN yang berhasil meraih PDDIKTI Awards 2021 Kategori Perguruan Tinggi Negeri Akademik Taat Lapor dengan Pelaporan 100 persen masing-masing, Universitas Trunojoyo, Universitas Timor dan Universitas Teuku Umar (UTU).

Berikut Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Siliwangi, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Papua, Universitas Padjajaran, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung dan Institut Teknologi Sumatera.

Selanjutnya, Institut Teknologi Kalimantan, Institut Teknologi Bandung, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Padang Panjang dan ISBI Tanah Papua.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved