Breaking News:

PPKM Level 3 Saat Nataru Tak Jadi Diterapkan, Bagaimana dengan Aturan Perjalanan? Apakah Berubah?

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, untuk sementara ini, aturan perjalanan masih merujuk Surat Edaran (SE) Satgas

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Amirullah
Serambinews.com
Petugas penyekatan pos utama, PPKM Level 4, jalan Merdeka Barat, Kecamatan Muara Dua, Cunda Lhokseumawe, meminta pengendara agar menunjukkan kartu vaksin, Selasa (31/8/2021). 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah memutuskan tak jadi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) secara serentak di semua wilayah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Penanganan PPPKM wilayah Jawa-Bali.

Luhut mengatakan, keputusan pembatalan penerapan PPKM Level 3 secara serentak di periode Nataru didasarkan pada pencapaian vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen dan dosis 2 yang mendekati 56 persen.

Sebagai perbandingan, belum ada masyarakat Indonesia yang divaksinasi pada periode Nataru tahun lalu.

Hasil sero-survei juga menunjukkan masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19 yang tinggi.

Merespon perkembangan tersebut, Pemerintah pun memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca juga: Pemerintah Akan Batasi Kegiatan Libur Natal dan Tahun Baru, Berlakukan PPKM Level 3

"Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah," ujar ujar Luhut, dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Marves, Selasa (7/12/2021).

Namun demikian, Luhut menegaskan, penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” terangnya.

Lalu, bagaimana dengan aturan perjalanan setelah adanya pembatalan penerapan PPKM Level 3 pada periode Nataru?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved