Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kanwil DJPb Aceh Serahkan Penghargaan dari Menkeu ke Kabupaten, Kota dan Provinsi Penerima Opini WTP

Piagam tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah DJPb Aceh, Syafriadi kepada pimpinan daerah, mulai gubernur, walikota, dan bupati dalam roadshow...

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Kepala Kantor Wilayah DJPb Aceh, Syafriadi saat menyerahkan penghargaan dari Menteri Keuangan RI kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Anjong Mon Mata. 

Piagam tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah DJPb Aceh, Syafriadi kepada pimpinan daerah, mulai gubernur, walikota, dan bupati dalam roadshow ke daerah dalam beberapa hari terakhir.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kantor Wilayah Direktorat Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Aceh menyerahkan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2020 kepada sejumlah kabupaten/kota hingga provinsi.

Penghargaan itu diberikan kepada daerah yang telah memperoleh opini tertinggi dari BPK, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Piagam tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah DJPb Aceh, Syafriadi kepada pimpinan daerah, mulai gubernur, walikota, dan bupati dalam roadshow ke daerah dalam beberapa hari terakhir.

Selain piagam penghargaan, Kementerian Keuangan juga menyerahkan plakat atas capaian Opini WTP minimal 5 kali dan 10 kali berturut-turut.

Kunjungan Kakanwil DJPb Aceh ke 24 pemerintah daerah, mulai 19 Oktober ke Aceh Barat, kemudian berlanjut ke daerah lainnya, dan berakhir pada 2 Desember dengan bertemu Gubernur Aceh, bersamaan dengan Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)  2022 di Anjong Mon Mata.

Kepala Kanwil DJPb Aceh, Syafriadi mengatakan, sekurang-kurangnya ada empat pesan dari Menteri Keuangan RI kepada pemerintah daerah setelah memperoleh opini WTP sebagai tantangan yang harus diperhatikan.

“Tantangan tersebut adalah mempertahankan opini WTP dan meningkatkan kualitas laporan keuangan, menyelesaikan seluruh temuan BPK, memastikan tidak ada temuan berulang, memanfaatkan laporan keuangan sebagai alat analisis dan memastikan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: DJPb Aceh Beri Penghargaan untuk Kabupaten/Kota Hingga Provinsi

Kegiatan penyerahan piagam dan plakat tersebut, merupakan langkah strategis untuk memberikan motivasi serta memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan opini WTP.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat atas prestasi dan kinerja pemerintah daerah dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) terkait Realisasi dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), Realisasi APBD, Opini Laporan Keuangan, dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran serta Indeks Kesehatan Keuangan Pemda.

Kata Syafriadi, Kanwil DJPb Provinsi Aceh beserta seluruh KPPN yang berada di Aceh akan senantiasa bersinergi dalam upaya untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan APBN/APBD serta penyusunan laporan keuangan di pemerintah daerah agar semakin berkualitas. (*)

Baca juga: DJPb Aceh Dorong Akselerasi Belanja Sejak Awal

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved