Breaking News:

Kupi Beungoh

Lage Manok Toeh Boh

Manusia lahir ke dunia pasti dibekali hati oleh Allah SWT. Hati adalah tempat untuk menampung segala perasaan yang ada pada diri manusia.

Editor: Amirullah
ist
Nazarullah, S.Ag, M.Pd adalah Widyaiswara Ahli Madya pada Balai Diklat Keagamaan Aceh 

Oleh: Nazarullah, S.Ag, M.Pd

SERAMBINEWS.COM - Manusia lahir ke dunia pasti dibekali hati oleh Allah SWT. Hati adalah tempat untuk menampung segala perasaan yang ada pada diri manusia.

Yang namanya perasaan tidaklah setiap saat memiliki sisi kebaikan, terkadang juga perasaan itu ada yang buruk, sehingga membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak wajar, sampai-sampai bisa melakukan upaya pembunuhan karakter pada seseorang.

Dengan hati, kehidupan kita bisa lapang, dan dengan hati pula hidup kita bisa sempit. Dalam hidup ini, ada dua penyakit hati yang bisa membuat hidup manusia menjadi sempit: Pertama; adalah Al-Ghillu.

Yaitu perasaan oper sensitif, gampang sakit hati, baperan dan mudah tersinggung. Kedua; adalah Al-Hasad. Yaitu gelisah ketika melihat orang lain dapat nikmat, memiliki sifat dengki dan iri hati.

Dua Penyakit ini dapat membuat seseorang menderita dalam hidupnya, padahal tidak ada yang menyakiti dia.

Manusia yang memiliki penyakit Ghillu adalah manusia yang sangat sensitif dalam segala hal. Pergaulan sehari-harinya selalu didominasi dengan baperan dan gampang tersinggung serta mudah sakit hati kepada orang lain.

Setiap bicara dan tingkah orang, bagi yang berpenyakit Ghillu selalu diterjemahkan dengan hal yang negatif. Sehingga bawaannya selalu curiga kepada orang lain.

Baca juga: Narkoba Merajalela, Qanun Narkotika Bisa Membantu

Sedangkan hasad, adalah penyakit seseorang yang merasa susah melihat orang senang, dan akan merasa senang bila melihat orang lain susah. Bagi orang memiliki hasad dalam hatinya, kebahagian orang adalah kesengsaraan baginya.

Dia merasa terganggu hidupnya dan merasa tidak rela jika ada orang lain mendapatkan kenikmatan hidup. Juga sebaliknya, jika orang lain mendapatkan musibah atau hidup susah, maka akan menjadi kebahagian tersendiri baginya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved