Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Pacu Capain Vaksinasi Covid-19, BIN Daerah Aceh Tengah Gelar Vaksinasi di Kampung Blang Gele

Kali ini, BIN Daerah Aceh Tengah, melakukan vaksinasi di Kampung Blang Gele, Kecamatan Bebesen. Ada sekitar 200 warga di desa itu yang menjadi sasaran

Penulis: Mahyadi | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/ MAHYADI
Warga Kampung Blang Gele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah setempat, Kamis (9/12/2021). 

Kali ini, BIN Daerah Aceh Tengah, melakukan vaksinasi di Kampung Blang Gele, Kecamatan Bebesen. Ada sekitar 200 warga di desa itu yang menjadi sasaraan vaksinasi. 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Kegiatan vaksinasi untuk mencegah penyebaran  Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Aceh Tengah, masih terus dilakukan untuk mencapai target pemerataan vaksin bagi masyarakat.

Berbagai pihak pun, ikut terlibat dalam melakukab vaksinasi bagi masyarakat.

Tidak terkecuali Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kabupaten Aceh Tengah yang telah melakukan vaksinasi bagi sejumlah warga, khususnya di kawasan pedesaan.

Kali ini, BIN Daerah Aceh Tengah, melakukan vaksinasi di Kampung Blang Gele, Kecamatan Bebesen.

Ada sekitar 200 warga di desa itu yang menjadi sasaraan vaksinasi. 

“Jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Aceh Tengah, sebanyak 168.813 peserta, tetapi capaian vaksinasi belum sesuai dengan target,” kata Kabinda Aceh, Brigjend TNI M Abduh Ras SR MTR (HAN) melalui Agen BINDA Aceh, BW Nugroho S IP M AP kepada Serambinews.com, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Karo Ops Polda Aceh Ikuti Rakor Bersama Kakorbinmas Baharkam Polri

BW Nugroho menuturkan, target vaksinasi  untuk Kabupaten Aceh Tengah, diharapkan bisa tercapai.

Untuk itu, BIN ikut membantu untuk mengejar capaian sebaran vaksinasi di daerah penghasil kopi itu. 

“Makanya, kami melaksanakan progran vaksinasi door to door atau dari pintu ke pintu. Khususnya di daerah perdesaan., sehingga sebaran vaksinasi bisa merata, bukan hanya di perkotaan,” tutur Nugroho.

Keterlibatan BIN dalam melakukan vaksinasi merupakan amanah Peraturan Presiden No 14 Tahun 2021 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid 19.

Selanjutnya, dalam Pasal 13 A (4) Prepres dimaksud Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 wajib melaksanakan vaksinasi apabila tidak maka akan dikenakan denda administratif.

“Sanksi yang dimaksudkan, seperti penundaan atau penghentian pemberian jamsos atau bansos,  penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan, bahkan bisa didenda,” terang Nugroho. 

Baca juga: Ditlantas Polda Aceh Gelar Vaksinasi Massal dan Bagi-bagi Bansos di Lamteumen

Disisi lain, lanjut Nugroho, hadirnya Badan Intelijen Negara ditengah tengah masyarakat dalam rangka mendorong dan mempercepat capai vaksinasi nasional 70 %, sehingga segera terbentuk yang namanya herd imunity atau kekebalan kelompok.

“Untuk Aceh Tengah, khususnya di Kecamatan Bebesen, berdasarkan data sementara Dinkes belum disinkronisasi dengan Polres dan Kodim 0106  sampai dengan awal Desember 2021,  caapainya belum capai target, makanya kita dorong terus untuk mengikuti vaksinasi,” katanya. 

Nugroho menambahkan, meskipun maayarakat telah mengikuti vaksinasi tetapi diharapkan tetap  menerapkan protokol kesehatan.

“Tentu harus memperhatikan,  5 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

Kegiatan vaksinasi di Kampung Blang Gele, Kecamatan Bebesen itu, BIN Daerah Aceh Tengah, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tengah, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas ikut terlibat dalam proses vaksinasi tersebut.  (*)

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Bermunculan, Pemerintah Aceh Tingkatkan Vaksinasi dengan Target 4 Juta Penduduk

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved