Breaking News:

Opini

Anak dan Jasa Orangtua

Ia bisa sebagai pelipur lara, pelengkap keceriaan rumah tangga, penerus cita-cita, investasi, bahkan pelindung orang tua di saat lansia

Editor: bakri
Anak dan Jasa Orangtua
For Serambinews.com
Abdul Gani Isa, Staf Pengajar Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan Anggota MPU Aceh

Oleh Abdul Gani Isa, Staf Pengajar Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan Anggota MPU Aceh

Anak karunia Allah termahal, dan dambaan setiap orang tua.

Ia bisa sebagai pelipur lara, pelengkap keceriaan rumah tangga, penerus cita-cita, investasi, bahkan pelindung orang tua di saat lansia.

Orang tua tentunya mendambakan dan mengharapkan anak-anaknya kelak bisa membahagiakannya, menjadi penyejuk hati dan cendera mata.

Bila merujuk Alquran, setidaknya, ada empat macam kedudukan anak, di antaranya adalah: Pertama, anak sebagai Zinah (Perhiasan), Allah SWT berfirman yang artinya:

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik untuk menjadi harapan. ” (Al Kahfi: 46).

Kedua, anak sebagai qurrata a’yun (penyejuk hati), sebagai isyarat Allah di dalam Alquran, “Dan orang-orang yang berkata:

Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

” (Al Furqan: 74) Ketiga, anak sebagai fitnah (ujian dan cobaan), sebagaimana firman Allah SWT “Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.

” (At-Ttaghabun: 15) Keempat, anak sebagai aduwwun (musuh)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved