Breaking News:

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi : Perangkat Desa Harus Sejahtera

Senator asal Aceh, Fachrul Razi menjadi Pembicara dalam  Musyawarah Nasional (Munas) III Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPD RI)

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Senator asal Aceh, Fachrul Razi menjadi Pembicara dalam Musyawarah Nasional (Munas) III Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPD RI). Dalam Munas, 8 -10 Desember 2021 di Surakarta, Jawa Tengah dengan tema, "PPD RI berjuang mencapai Kesejahteraan Perangkat Desa, Memajukan Pembangunan dan Budaya Desa." 

Laporan Fikar W.Eda | Jawa Tengah

SERAMBINEWS.COM, SURAKARTA - Senator asal Aceh, Fachrul Razi menjadi Pembicara dalam  Musyawarah Nasional (Munas) III Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPD RI). 

Dalam Munas, 8 -10 Desember 2021 di Surakarta, Jawa Tengah dengan  tema, "PPD RI berjuang mencapai Kesejahteraan Perangkat Desa, Memajukan Pembangunan dan Budaya Desa." 

Senator Aceh yang juga Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi mengatakan perangkat desa harus sejahtera. 

"Kita ketahui di desa menjadi tempat awal masyarakat membangun peradaban,  kebutuhan pokok seperti pertanian serta perkebunan datangnya dari desa.

Artinya ini, perangkat desa patut diperjuangkan kesejahteraannya dimana mereka masuk dalam kategori garda terdepan pemerintahan di desa," ujar Senator Fachrul Razi

Senator Fachrul menambahkan, merujuk pada disahkannya Undang - Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa menjadi bukti kembalinya pengaturan desa secara khusus yang terpisah dari pengaturan tentang pemerintahan daerah. 

Baca juga: Gubernur Aceh Terima Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2021 

"Setidaknya ada 5 (lima) perubahan pokok yang dikandung dalam UU Desa, yakni demokrasi desa, jenis desa yang beragam, kewenangan berdasarkan rekognisi dan subsidiaritas, perencanaan yang terintegrasi, dan konsolidasi keuangan dan aset desa.

Kelima perubahan pokok tersebut kita harapkan mampu memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat desa di seluruh Indonesia," pungkas Fachrul Razi

Alumni Politik Universitas Indonesia itu menambahkan permasalahan perangkat desa saat ini  diantaranya, Pertama, Pembentukan perangkat desa mengabaikan kebutuhan di desa, disamping itu mengabaikan syarat, kapasitas, dan kompetensi.

Kedua, Kualitas perangkat desa masih rendah terkait pemanfaatan teknologi informasi, dan perencanaan dan pengelolaan keuangan/dana desa.

Ketiga, Banyak kasus hukum yang menerpa aparatur desa. Keempat, Rendahnya penghasilan perangkat desa. 

Baca juga: Hukum Suami Istri Bersentuhan Setelah Wudhu, Batal atau Tidak? Begini Penjelasan UAS & Buya Yahya

Terakhir Ketua Komite I mengatakan melalui DPD RI sebagai Representasi Daerah akan terus mengawal dan mengawasi Pelaksanaan UU Desa sampai terwujud Desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis, dengan memperbaiki sistem penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan desa agar tercipta masyarakat desa yang adil, makmur dan sejahtera. 

"Kita harapkan hadir kedepannya pemerintah desa yang efektif untuk mengurus kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan adat, tradisi, dan budaya. Dan Pembangunan desa yang menempatkan masyarakat desa sebagai subjek pembangunan," tutup Senator Fachrul Razi. (*)

Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa, Kuliah di Lima Kampus Ternama Bersama Mahasiswa Magister

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved