Breaking News:

KUPI BEUNGOH

Kado Akhir Tahun untuk Aceh

Menariknya, KASN ternyata hanya mengundang sembilan Gubenur se-indonesia, ditambah Provinsi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan.

FOR SERAMBINEWS.COM
Wiratmadinata 

Oleh: Dr Wiratmadinata SH MH*)

KEBETULAN, pada akhir Minggu pertama Desember tahun 2020 ini, saya melakukan perjalanan ke Kota Surabaya. Sesaat mendarat di Kota Pahlawan itu, hujan turun dengan derasnya. “Hmm, dari Aceh, Medan sampai Kota Surabaya, ternyata hujan mengguyur semua kota itu. Desember yang benar-benar sejuk dan basah.

Meskipun melakukan perjalanan akhir tahun, tetapi dua hari di Kota Surabaya bukanlah untuk liburan akhir tahun, melainkan utuk menghadiri sebuah acara yang sangat penting, dan sangat bermakna bagi Aceh, khususnya Pemerintah Aceh.

Pada Selasa 7 Desember 2021 itu, Komisis Aparatur Sipil Negara (KASN), menggelar kegiatan, berupa upacara penyerahan “Anugerah Meritokrasi”, kepada lembaga-lembaga negara, yaitu Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota serta Lembaga negara setingkat kementrian secara nasional yang berhasil menerapkan tatakelola birokrasi pemerintahan yang baik, khususnya dalam manajemen ASN yang berbasis kepada “Merit System”.

Sistem Merit ini, intinya adalah sebuah pendekatan apresiatif dalam mengelola ASN berbasis kualifikasi, kompetensi, dan kinerja seara adil an wajar. Dengan menerapkan sistim dn filosofi “merit”, diharapkan terjaring birokrat yang mampu dan siap melayani rakyat secara paripuna.

Surprise! Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, diundang untuk menerima penghargaan “Anugerah Meritokrasi” karena telah berhasil menerapkan Merit System dalam pemerintahannya dengan kategori “sangat baik” dan “baik”.

Menariknya, KASN ternyata hanya mengundang sembilan Gubenur Kepala Daerah Provinsi se-indonesia, ditambah Provinsi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan, Jawa Timur.

Adapun provinsi-provinsi tersebut adalah Bali, Gorontalo, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka-Belitung, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan tentu saja Aceh.

Dari deretan propinsi ini tampak, bahwa hanya dua propinsi dari Sumatera yang memiliki kategori “Baik”, yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Untuk kategori “sangat baik”, hanya diperoleh tiga propinsi lain, termasuk Jawa Tengah. Antara kategori “baik” dan “sangat baik”, dibedakan pada “ketebalan” nilai-nilai hasil assesmen dari pihak KASN, yang sangat ketat.

Mungkin dapat dikatakan bahwa Anugerah Meritokrasi ini adalah “Kado Akhir Tahun”, paling manis bagi pemerintah Aceh. Bukan hanya karena soal telah berhasil terjaring sebagai propinsi dengan nilai “baik” dalam tata kelola birokrasinya, (ada begitu banyak penghargaan dan apresiasi positif yang diterima oleh Pemerintah Aceh), tapi lebih pada makna dan nilai strategisnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved