Breaking News:

Kupi Beungoh

Pelecehan Seksual Semakin Meningkat, Ada Apa?

Catatan penulis, kasus pelecehan yang terjadi bukan hanya pada perempuan remaja atau dewasa saja, tetapi juga banyak terjadi kepada anak-anak.

FOR SERAMBINEWS.COM
Dr. Wahyu Khafidah, S.Pd.I, MA, Kepala Prodi PIAUD Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. 

Oleh : Dr. Wahyu Khafidah, S.Pd.I, MA

PELECEHAN seksual adalah sebuah tindakan seksual yang tidak diinginkan, berupa tindakan yang dilakukan secara lisan atau secara tulisan, bahkan juga dengan isyarat atau perilaku lain yang mengarah pada perbuatan yang dapat menyinggung perasaan, dipermalukan, atau terintimidasi.

Disadari atau tidak, tindakan atau perilaku yang mengarah kepada pelecehan masih terus terjadi dengan korban dan pelaku baru setiap saatnya.

Ini sungguh sangat disayangkan, karena dalam beberapa kasus penyebab terjadi pelecehan seksual diakibatkan karena korban cenderung tidak melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Penyebab lainnya adalah lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi perilaku sekitarnya, pelakunya adalah orang yang memiliki kekuasaan.

Sementara korbannya kerap dianggap lemah atau bisa diperdaya karena ketidaktahuan mereka.

Catatan penulis, kasus pelecehan yang terjadi bukan hanya pada perempuan remaja atau dewasa saja, tetapi juga banyak terjadi kepada anak-anak.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dalam berita yang diterbitkan oleh Harian Kompas menyebutkan, sepanjang Januari hingga Juli 2021 terjadi sekitar 2.500 kasus terhadap perempuan.

CNN Indonesia juga menyebutkan bahwa ada 12.566 kasus yang dikumpulkan oleh KemenPPPA mengenai kekerasan pada anak hingga November 2021.

Dalam data ini juga tercatat kekerasan seksual sebanyak 45%, kekerasan psikis 19% dan kekerasan fisik sekitar 18% yang bersifat trafficking, eksploitasi, ekonomi dan lain-lain, termasuk kekerasan seksual.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved