Breaking News:

Kesehatan

Cedera Pada Sumsum Tulang Belakang atau Spinal Cord Injury, Penyebab dan Tanda-tanda Kerusakannya

Gejala yang dialami oleh penderitanya tergantung pada 2 faktor, yaitu tingkat keparahan cedera dan bagian sumsum tulang belakang mana yang terpengaruh

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Amirullah
PIXABAY
ilustrasi. 

SERAMBINEWS.COM - Spinal cord injury merupakan istilah yang mengacu pada cedera atau kerusakan yang terjadi di bagian manapun dari sumsum tulang belakang, atau jaringan yang ada di sekitarnya.

Seperti diketahui, sumsum tulang belakang memegang peran yang besar dan sangat penting terhadap fungsi dan mobilitas tubuh.

Dilansir dari Mayo Clinic, sumsum tulang belakang terdiri dari jaringan lunak yang dikelilingi dan dilindungi oleh kolom vertebrata (tulang belakang).

Tulang ini memanjang dari dasar otak ke belakang hingga berakhir sedikit di atas bagian pinggang atau yang disebut conus medullaris.

Di dalam tulang ini berisi sel-sel saraf dan kelompok saraf yang disebut saluran yang terhubung ke berbagai bagian tubuh.

Sementara di bawah wilayah conus medullaris diisi oleh sekelompok akar saraf yang disebut cauda equina.

Sumsum tulang belakang bertanggung jawab mengirimkan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh, atau sebaliknya dari tubuh ke otak.

Baca juga: Apa Itu Spinal Cord Injury? Kondisi Ini Bikin Selebgram Laura Anna Lumpuh hingga Meninggal

Saluran motorik membawa sinyal dari otak untuk mengontrol gerakan otot.

Sementara saluran sensorik membawa sinyal dari bagian tubuh ke otak yang berkaitan dengan panas, dingin, tekanan, nyeri, dan posisi anggota tubuh.

Cedera sumsum tulang belakang merupakan kondisi serius yang bisa mempengaruhi aspek kehidupan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved