Breaking News:

Kupi Beungoh

MODERASI BAGI SEORANG MUSLIM; Tidak Dalam  Urusan Beragama

MODERASI BERAGAMA menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh 

Oleh: Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag*)

MODERASI BERAGAMA menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama.

Ekstrem  menurut Kamus Besar  Bahasa Indonesia adalah paling ujung (paling tinggi, paling keras, dan sebagainya);  dalam arti lain sangat keras dan teguh; fanatik.

Berdasarkan pengertian MODERASI BERAGAMA tersebut, dapat kita simpulkan bahwa dalam MODERASI BERAGAMA, tidak  boleh ada sikap MEMEGANG TEGUH  aturan AGAMA,  tidak boleh ada sikap PALING MENGUTAMAKAN  Aturan AGAMA,  Melainkan harus bersikap tengah-tengah.

Jika itu yang dimaksud dengan MODERASI  BERAGAMA, maka BAGI SEORANG MUSLIM TIDAK ADA MODERASI BERAGAMA, kenapa demikian? Menurut pengetahuan saya berikut ini alasannya:

Pertama, seorang muslim  itu harus  teguh, harus patuh, harus taat, harus memegang  teguh keyakinannya sebagai seorang muslim, jika tidak, atau salah-salah  dalam  berkata atau bersikap, bisa merubah atau bisa  SYIRIK, itu artinya keluar dari Islam,  dan neraka tempatnya.

Sementara dalam MODERASI BERAGAMA, sikap teguh terhadap keyakinan, tidak dibolehkan,  sedangkan dalam Islam sikap demikian sangat di tuntut untuk menjaga akidah seorang muslim.

Termasuk dalam hal meyakini adanya MODERASI DALAM BERAGAMA, seorang muslim harus sangat  berhati-hati

Kedua,  cara pandang, sikap, dan perilaku seorang  muslim harus mengikuti aturan agama, tidak bisa mengikuti kemauan sendiri atau kemauan orang  lain, apalagi agama lain. Seperti yang dipahami dalam MODERASI BERAGAMA.

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved