Breaking News:

Gangguan Kepribadian

Narsistik Bisa Berbahaya Bagi Anak Anda, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya Sebelum Terlambat

Apabila perilaku narsistik itu terdapat pada anak Anda yang masih berusia 3 tahun, maka masih ada kesempatan untuk mengubahnya...

Editor: Eddy Fitriadi
freepik
Ilustrasi narsistik pada anak. Narsistik Bisa Berbahaya Bagi Anak Anda, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya Sebelum Terlambat. 

SERAMBINEWS.COM - Narsistik merupakan kondisi gangguan kepribadian di mana seseorang akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi.

Menurut Halodoc, pengidap kepribadian narsistik merasa bahwa dirinya memiliki pencapaian yang luar biasa dan lebih baik dari orang lain, serta merasa bangga secara berlebihan terhadap dirinya sendiri.

Apabila perilaku narsistik itu terdapat pada anak Anda yang masih berusia 3 tahun, maka masih ada kesempatan untuk mengubahnya.

Sebab, pada usia tersebut anak masih mengembangkan kepribadiannya dan belajar tentang segala sesuatu di sekitarnya.

Tapi jika perilaku narsistik pada anak terus berlanjut dan meningkat seiring bertambahnya usia mereka, maka Anda wajib waspada karena sudah tergolong berbahaya.

Sebelum terlambat, lakukan 6 hal ini untuk mencegah anak Anda tumbuh menjadi sosok yang narsistik sebagaimana dilansir dari Bright Side.

1. Tanamkan empati sejak dini

Orang yang narsistik cenderung tidak terlalu peduli dengan apa yang orang lain rasakan atau pikirkan. Mereka hanya peduli pada diri sendiri, keinginan pribadi, dan perasaannya. Itulah mengapa penting bagi anak Anda untuk memahami dan mempelajari apa itu empati.

Saat anak mampu memahami orang lain dan bisa merasakan kasih sayang terhadap sesama, itu akan sangat berguna untuk perkembangan emosional dan sosial mereka.

Yang terpenting, selalu ingat bahwa Anda adalah sosok panutan pertama bagi anak-anak. Jadi, berikanlah mereka contoh positif melalui tindakan sehari-hari guna menanamkan empati kepada anak sejak dini supaya mereka tidak tumbuh menjadi pribadi yang narsistik.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved