Breaking News:

Salam

Membatasi WN Asing Langkah Paling Tepat

Di tengah “booming” infeksi Covid varian Omicron di berbagai belahan dunia, Indonesia mengambil langkah untuk melindungi diri

Editor: bakri
AFP
Kapal pesiar Royal Caribbean kembali ke Hong Kong pada Rabu (5/1/2022) setelah sembilan penumpang kontak dekat dengan pasien Omicron. 

Di tengah “booming” infeksi Covid varian Omicron di berbagai belahan dunia, Indonesia mengambil langkah untuk melindungi diri dengan melarang masuk warga dari14 negara.

Warga 14 negara yang dilarang masuk Indonesia adalah Afrika Selatan, Botswana, Norwegia, Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Namibia, Eswatini, Lesotho, Inggris, Denmark, dan Perancis.

SE yang ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Suharyanto tersebut juga melarang masuk warga negara apapun yang sempat transit di 14 negara itu.

“Aturan juga berlaku bagi mereka yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari.

Dan, surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 7 Januari 2022 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian.

” Surat edaran Nomor 1/2022, terkait aturan WNA itu juga mengatakan pelaku perjalanan luar negeri yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) diizinkan masuk dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan Pemerintah.

Dari 14 negara yang warganya dilarang masuk Indonesia, Perancis merupakan salah satu negara yang kini sedang parah-parahnya dilanda serangan Omicron.

Laporan dua hari lalu, Perancis mencatatkan rekor untuk kasus Covid baru selama periode 24 jam pada Rabu (5/1/2022), dengan 332.252 kasus tambahan tercatat dal;am satu hari.

Menteri Kesehatan Perancis Olivier Veran saat debat parlemen berbicara tentang rencana pemerintah untuk mengganti kartu kesehatan saat ini - yang berisi bukti vaksinasi, tes negatif atau pemulihan - dengan "kartu vaksin" yang hanya untuk orang sudah vaksinasi penuh.

Dan, kini Pemerintah Perancis sedang melancarkan gerakan vaksinasi secara besar-besaran sambil terus mengampanyekan pro vaksinasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved