Breaking News:

Berita Banda Aceh

Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan

Tim Ekspedisi Gunung Leuser via Dinding Selatan, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pecinta Alam dan lingkungan Hidup (Metalik) USK berhasil menggapai puncak

Editor: IKL
FOR SERAMBINEWS.COM
Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan 

BANDA ACEH, SERAMBINEWS.COM - Tim Ekspedisi Gunung Leuser via Dinding Selatan, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pecinta Alam dan lingkungan Hidup (Metalik) USK berhasil menggapai puncak Gunung Leuser, di ketinggian 3119 MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut), Selasa (4/1/2022).

Tim pendakian Leuser Dinding Selatan METALIK memulai ekspedisi pada 10 Desember 2021 dengan start di Gampong Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan.

Beranggotakan 9 Pendaki yang terdiri 8 laki-laki dan 1 orang wanita yaitu Novaria Putra (Ketua Tim Pendakian), Miswar Rusli (navigator), Erpan (komunikasi), Wais Alqorni (penebas umum), Said Hijrinsyah (rambu), M Ziyan Maulana (dokumentasi), Irma Suryani (logistik), Taufiq Qodri (P3K), dan Adrian (asisten umum). Mereka menempuh perjalanan selama 25 hari.

“Tim berhasil menjajaki kaki di puncak Leuser pada hari Selasa 4 Januari 2022, pukul 13.00 WIB. Seluruh anggota Tim sehat”, demikian bunyi pesan whatsapps dari Ketua Tim Pendakian Novaria, yang diterima Serambinews.com.

Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan
 (FOR SERAMBINEWS.COM)

Tim pendakian juga berhasil melakukan komunikasi ke posko utama yang berada di Gampong Panton Pawoh, kecamatan Labuhan Haji Barat, ceh Selatan, setelah 2 hari hilang komunikasi.

Cuaca ekstrem seperti hujan badai dan kabut tebal serta medan terjal dan juga rapatnya hutan yang menghalangi pandangan dan pergerakan tim mengakibatkan target tim yang awalnya 15 hari mencapai puncak menjadi molor hingga hari ke-25 mencapai puncak Leuser.

Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan
 (FOR SERAMBINEWS.COM)

Keesokan harinya, Rabu 5 Januari 2022, sekira pukul 1.30 WIB, tim berhasil mencapai Puncak Gunung Loser dengan ketinggian 3404 MDPL yang memiliki pilar Triangulasi S.227. Jarak tempuh dari Puncak Leuser ke Loser lebih kurang 5 jam perjalanan.

Karena banyaknya rintangan menggapai puncak, tim beberapa kali melakukan manajemen ulang dilapangan terkait jalur pendakian dan strategi untuk mencapai puncak. Manajemen logistik yang sebelumnya telah terencana, berubah pola menyesuaikan dengan logistik tim yang tersisa. Secara kalkulasi jarak perjalanan, persedian logistik dan perlengkapan, tim seolah mustahil untuk menggapai puncak Leuser dari dinding selatan.

Bahkan posko induk yang berada di Gampong Panton Pawoh, Aceh Selatan, sempat memerintahkan tim untuk mundur dari pencapaian puncak Leuser Dinding Selatan.

Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan
(FOR SERAMBINEWS.COM)

Namun karena pengalaman, semangat, serta mental tim yang masih kuat, tim meminta tetap mengajukan diri untuk menggapai puncak melalui posko induk dan menempuh jalur pulang via jalur tenggara, dengan perbekalan yang sangat kurang.

Dan pada akhirnya pada tanggal 10 Januari 2022 pukul 17.00 Wib, tim keluar dari pintu rimba Gunung Leuser di Kampung Penosan, Gayo Lues dalam keadaan sehat setelah total 31 hari menempuh perjalanan.

Tim Pendakian disambut oleh anggota METALIK dan warga desa Penosan yang yang berprofesi sebagai guide pendakian gunung leuser dari sisi Gayo Lues.

Dalam perjalananya tim sempat kehabisan perbekalan logistik selama 2 hari, namun hal tersebut teratasi dengan koordinasi yang baik antara tim pendakian, posko induk dan guide Gayo Lues yang mensupport logistik untuk perbekalan turun.

Metalik Gapai Puncak Gunung Leuser Via Dinding Selatan
(FOR SERAMBINEWS.COM)

Puncak Dinding Selatan Gunung Leuser pertama sekali digapai oleh Tim Pendaki Wanadri pada tahun 1994. Berikutnya beberapa tim pendaki juga berhasil menggapai puncak tertinggi Gunung Leuser via Dinding Selatan. METALIK sendiri mencatat, ini merupakan pendakian kedua ke puncak leuser via Dinding Selatan.

Medan Pendakian Leuser Dinding Selatan terbilang sulit dilalui dibandingkan dengan pendakian jalur Tenggara yang dapat ditembuh dari Kabupaten Gayo Lues. Tak heran jika jalur Selatan menjadi salah satu tantangan bagi para pegiat alam bebas, untuk dapat menggapai Puncak Leuser. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved