Breaking News:

Video

VIDEO Basarnas Banda Aceh Evakuasi WNA China, Jatuh ke Lantai Kapal Saat Berlayar dari Pantai Gading

Peristiwa itu mengakibatkan korban, crew Kapal Cargo M/V Xin Hai Tong 21 berbendera Marshall Island tersebut mengalami luka di bagian kening.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Mursal Ismail

Peristiwa itu mengakibatkan korban, crew Kapal Cargo M/V Xin Hai Tong 21 berbendera Marshall Island tersebut mengalami luka di bagian kening.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Yang Daqi (29), Warga Negara Asing atau WNA asal China yang sedang berlayar dari Pantai Gading Afrika menuju Singapura, Rabu (12/1/2022) sekitar pukul 23.00 WIB, jatuh ke deck (geladak) atau lantai kapal.

Peristiwa itu mengakibatkan korban, crew Kapal Cargo M/V Xin Hai Tong 21 berbendera Marshall Island tersebut mengalami luka di bagian kening.

Kepala Badan SAR (Kakansar) Banda Aceh, Budiono, SE, MM, mengatakan operasi SAR medical evacuation (Medevac) atau evakuasi medis terhadap ABK Kapal Cargo M/V Xin Hai Tong 21 itu dilakukan di Perairan Selat Benggala, Aceh Besar, menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Krssna.

Budiono menceritakan sekitar pukul 01.04 WIB, Kamis (13/1/2022) dini hari, Basarnas Banda Aceh menerima informasi dari nahkoda kapal M/V Xin Hai Tong 21 tentang kecelakaan kerja di kapal tersebut.

Kemudian Basarnas Banda Aceh langsung berkoordinasi dengan Precom-Excom serta  instansi terkait.

Sekitar pukul 02.15 WIB, Tim Rescue Basarnas Banda Aceh beserta unsur terkait  bergerak menuju titik Medevac guna melaksanakan evakuasi.

Selanjutnya, sambung Budiono, sekitar pukul 05.10 WIB KN SAR Kresna tiba di titik koordinat Medevac dan langsung berkomunikasi dengan MV Xin Hai Tong 21.

Iklan untuk Anda: Kejut listrik ampuh yang mengalahkan semua lawan dalam hitungan detik!
Advertisement by

"Sekitar pukul 05.30 WIB, KN SAR Kresna tiba dan bersandar di siai kiri MV Xin Hai Tong 21 dan langsung melakukan evakuasi terhadap Yang Daqi, crew kapal tersebut," terang Kakansar Banda Aceh Budiono.

Anak Buah Kapal (ABK) MV Xin Hai Tong 21 itu sekitar pukul 06.10 WIB berhasil dievakuasi ke atas kapal KN SAR Kresna 232 dan langsung dibawa menuju Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Kemudian sekitar pukul 06.50 WIb KN SAR Kresna tiba di Pelabuhan Ulee Lheue dan langsung mengevakuasi crew ke ambulans KKP untuk dibawa ke RSUZA Banda Aceh.

"Saat pelaksanaan proses Operasi SAR Medevac itu terlibat dari KKP, Imigrasi, SROP Ulee Lheue, dan PT Pelni," pungkas Kakansar Budiono. (misran asri)

Narator Ardiansyah

Editor Syamsul Azman

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH Goa Sarang Walet, Banjir Aceh Utara dan Haji Uma Salurkan Bantuan

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH Jalan Ekstrim, Pemerkosa Ditangkap, Haji Uma di Lokasi Mobil Masuk Jurang

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH Duka Ayahanda Tata, Rektor IKH Ucap Belasungkawa dan Amri Lubis Ditemukan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved