Breaking News:

Berita Abdya

Dewan Minta Bekas Puskesmas Blangpidie Dijadikan RTH

Anggota DPRK Abdya menyarankan, bekas gedung Puskesmas Blangpidie yang terletak dalam kawasan Pusat Kota Blangpidie ini dijadikan RTH.

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Lokasi gedung bekas Puskesmas Blangpidie, Abdya dinilai cocok untuk dijadikan ruang terbuka hijau, Jumat (14/1/2022) 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Anggota DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Julinardi meminta bekas gedung Puskesmas Blangpidie yang terletak dalam kawasan Pusat Kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

“Pasca Puskesmas Blangpidie memiliki gedung baru, lokasi bekas Puskesmas yang lama hingga saat ini masih dalam kondisi kosong,” kata anggota DPRK Abdya, Julinardi.

Dia katakan, sudah sepatutnya bekas gedung itu, harus segera dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi bekas gedung itu, menjadi RTH yang tentunya, sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat Abdya.

“Jadi, kehadiran RTH dalam sebuah kawasan perkotaan sangat penting, dengan berbagai fungsi seperti dari segi ekologis, RTH memiliki fungsi sebagai paru-paru kota karena dapat meningkatkan penyerapan karbondioksida dan memproduksi oksigen,” terangnya. 

Selain itu, sebutnya, RTH juga. dapat menurunkan suhu, dengan keteduhan kesejukan tanaman serta meredam kebisingan. Sedangkan dari segi estetis, RTH dapat memperindah pemukiman, kota dan semua tempat yang berada dekat dengan lokasi RTH.  

“Saat memandang daerah kota atau pemukiman yang asri, akan terasa sejuk dari pada daerah yang gersang tanpa ruang terbuka hijau,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, fungsi ruang terbuka hijau dari segi pendidikan adalah dapat menjadi sarana belajar bagi anak. Jika RTH dilengkapi dengan bangku dan meja taman, maka siswa dapat belajar di lingkungan terbuka yang asri. Fungsi yang terakhir adalah fungsi ekonomis yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pedagang kecil dengan menyediakan anekan jajanan sehat.

“Pada Maret tahun lalu, Puskesmas Blangpidie telah menempati gedung baru. Akan hal itu lokasi gedung bekas Puskesmas itu sangat cocok untuk dijadikan RTH, fungsi dan manfaatnya sangat besar bagi kalangan masyarakat serta bisa menjadi lokasi untuk menjalin silahturahmi bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Polres Nagan Raya Tangkap Tiga Penambang Emas Ilegal, Satu Beko Ikut Disita

Baca juga: LIVE UPDATE ACEH - Permohonan Euthanasia (Suntik Mati) di Lhokseumawe

Ditambahkan, berdasarkan Permendagri nomor 1 tahun 2007, RTH memberikan kesegaran, kenyamanan dan keindahan lingkungan. Lingkungan yang sehat dan bersih dapat memberikan mafaat lebih bagi kesehatan masyarakat sekitar. Terdapat manfaat yang langsung bisa dirasakan dari kehadiran RTH yaitu keindahan dan kenyamanan yang diciptakan. 

“Manfaat tidak langsung yang dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang adalah pembersih udara yang efektif, pemeliharaan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan,” cetusnya.

Atas dasar itu, ia meminta Pemkab Abdya untuk menyediakan RTH, dengan memanfaatkan lokasi bekas gedung Puskesmas Blangpidie yang posisinya sangat strategis serta berada dalam kawasan pusat kota. RTH yang asri dan dipenuhi bunga-bunga yang indah juga dapat memberikan efek damai di hati dan pikiran.

“Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, warga dihimbau untuk tidak berkumpul di tempat yang sangat ramai. RTH bisa jadi salah satu alternatif untuk melepas penat dan refreshing tanpa harus ke daerah yang sangat ramai” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved