Breaking News:

Presiden Jokowi Targetkan Bangun 57 Bendungan Sebelum Pensiun Tahun 2024

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut Bendungan Bintang Bano mampu menampung air sebanyak 76 juta meter kubik.

FOR SERAMBINEWS.COM
Bangunan bendungan irigasi Krueng (sungai red) Pase di Desa Pulo Blang Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara sudah tujuh tahun terbengkalai. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan membangun 57 bendungan di seluruh Indonesia sebelum mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2024.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Bendungan Bintang Bano, bendungan ke-29 di masa pemerintahannya.

Jokowi mengatakan air menjadi kunci dalam ketahanan dan kemandirian pangan. Menurutnya, bendungan adalah cara pemerintah memastikan ketersediaan air untuk masyarakat.

"Insyaallah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh Tanah Air Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (14/1/2022).

Bendungan Bintang Bano ini adalah bendungan yang ke-29 yang diresmikan Jokowi sejak 2015.

Pemerintah mengeluarkan dana hingga Rp1,44 triliun untuk mengongkosi proyek bendungan ini. Bendungan Bintang Bano merupakan satu dari enam bendungan yang dibangun Pemerintah di NTB. Sebelumnya, sudah ada dua yang telah diresmikan yakni, Bendungan Tanju dan Mila.

Baca juga: Kapolda Aceh Apresiasi Anak-anak Sekolah Ikut Vaksin di Darul Imarah Aceh Besar

Baca juga: 6.395 Warga Pidie Terima Bansos Sembako Senilai Rp 1,2 Juta, Bantuan PKH belum Disalurkan

Baca juga: Terdakwa dan JPU Terima Putusan Hakim, Vonis Mucikari Kasus Prostitusi Online di Nagan Raya Inkrah

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut Bendungan Bintang Bano mampu menampung air sebanyak 76 juta meter kubik. Bendungan ini mampu mengairi sawah seluas 6.700 hektare (ha).

"Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB, dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku," ucap Jokowi.

"Saya itu yang bisa saya sampaikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB, pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," terang dia.

Jokowi sebelumnya menggenjot pembangunan bendungan di seluruh wilayah Indonesia. Ia ingin bendungan menjadi tumpuan untuk menciptakan kemandirian pangan. Tahun lalu Jokowi meresmikan 13 bendungan di 9 provinsi.

Baca juga: Rusia Tawarkan Kerjasama untuk Mengakhiri Konflik Bendungan Raksasa Ethiopia

Baca juga: Arab Saudi Dukung Mesir dan Sudan, Perselisihan Bendungan Raksasa Ethiopia

Baca juga: Pemuda 18 Tahun yang Paksa Mantan Pacar Berhubungan Berujung Penjara, Penyebar Video Ditangkap

Bendungan-bendungan itu adalah Bendungan Tukul, Jawa Timur; Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan; Bendungan Napungete, NTT; Bendungan Sindangheula, Banten; Bendungan Bendo, Jawa Timur.

Kemudian, Bendungan Kuningan, Jawa Barat; Bendungan Way Sekampung, Lampung; Bendungan Tugu, Jawa Timur; Bendungan Paselloreng, Sulawesi Selatan; Bendungan Karalloe, Sulawesi Selatan; Bendungan Gingseng, Jawa Timur; Bendungan Ladongi, Sulawesi Tenggara; dan Bendungan Pidekso, Jawa Tengah.(tribun network/yud/dod)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved