Breaking News:

Berita Simeulue

Simeulue Kirim Petani Sawit ke Tamiang untuk Dalami Teknis Pengerjaan Peremajaan Sawit Rakyat

Sejumlah petani kelapa sawit asal Kabupaten Simeulue mendalami teknis pengerjaan peremajaan sawit rakyat (PSR) ke Aceh Tamiang

Editor: bakri
Dok Apkasindo
Soflian (kiri) bersama El Mahdi Angkat berada di salah satu tanaman kelapa sawit hasil PSR yang sudah mulai berbuah. 

KUALASIMPANG - Sejumlah petani kelapa sawit asal Kabupaten Simeulue mendalami teknis pengerjaan peremajaan sawit rakyat (PSR) ke Aceh Tamiang.

Kedatangan perwakilan petani sebanyak lima orang ini bertujuan untuk melihat langsung lahan perkebunan kelapa sawit masyarakat yang sedang maupun sudah masuk tahapan PSR.

Soflian, ketua salah satu koperasi pelaksana PSR di Simeulue menjelaskan, kedatangan mereka ke Aceh Tamiang atas rekomendasi Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh.

“Kami di Simeulue baru akan memulai PSR tahun ini, atas saran Ketua Apkasindo Aceh, kami diarahkan ke Tamiang,” kata Soflian kepada Serambi, Kamis (13/1/2022).

Selama di Aceh Tamiang, Soflian mengaku diajak oleh salah satu pengurus koperasi pelaksana PSR berkeliling ke lokasi replanting, penangkaran bibit hingga ke Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Tamiang.

“Artinya, kami bisa melihat langsung tahapan-tahapan pengerjaan mulai dari lahan yang sedang land clearing, penanaman hingga yang sudah mulai berbuah.

Baca juga: Petani Sawit Simeulue Belajar PSR ke Aceh Tamiang

Baca juga: Perluasan Keanggotaan dan Kesejahteraan Petani Sawit Jadi Bahasan Penting dalam 9th MM CPOPC 2021

Ini menjadi motivasi kami,” ujarnya.

Secara khusus, Soflian pun mengajak Ketua Dewan Pakar Apkasindo Aceh Tamiang, El Mahdi Angkat membantunya mengembangkan PSR di Simeulue.

“Pak Angkat kan juga sudah berpengalaman di PSR, kebetulan dia di Apkasindo, ya sudah saya minta kesediaan dia membantu kami,” ujarnya.

Dia optimis keterlibatan orang berpengalaman dalam program ini akan memberi dampak positif bagi petani kelapa sawit di Simeulue.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved