Breaking News:

Forum Beru Gayo Terbitkan Antologi "Subang" Tentang Perempuan dan Jejak Gayo Prasejarah

Forum Beru Gayo, sebuah gerakan literasi dan ruang berkarya bagi perempuan di Tanoh Gayo, menerbitkan antologi puisi "Subang"

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Forum Beru Gayo, sebuah gerakan literasi dan ruang berkarya bagi perempuan di Tanoh Gayo, menerbitkan antologi puisi "Subang" yang ditulis 17 perempuan Gayo 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Forum Beru Gayo, sebuah gerakan literasi dan ruang berkarya bagi perempuan di Tanoh Gayo, menerbitkan antologi puisi "Subang" yang ditulis 17 perempuan Gayo.

Antologi ini lahir atas kegelisahan minimnya minat baca dan tulis dikalangan anak-anak usia sekolah.

Juga sebagai pelecut diri bagi  perempuan Gayo, untuk ikut mencatatkan kisahnya, budaya dan sejarah Tanoh Gayo dalam bentuk karya puisi.

Puisi yang terangkum dalam gerakan ini adalah perwujudan perspektif para penulis tentang adanya jejak kehidupan prasejarah yang ditemukan di Ceruk Mendale,Ujung Karang, Loyang Pukes.

Baca juga: Mayat Perempuan dengan Leher Tergorok Ditemukan di Hutan

Buku ini diterbitkan  kerjasama The Gayo Institute, Komunita Musikalisasi Puisi Indonesia,Komunitas Gayo Prasejarah diluncurkan di Ka.oung Kuyun, Kecamatan Celala Aceh Tengah dalam rangkaian acar Desember Kopi Gayo 2021 pada 18 Desember 2021 silam.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan buku kepada Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Anggota Komisi V DPR RI Ilham Pangestu, Ketua Dewan Kesenian Bireuen Mukhlis Takabeya, Ketua DPD Partai Golkar TM Nurlif dan lain-lain.

Buku setebal 100 halaman itu melibatkan Tim Kreatif  terdiri dari Devie Komala Syahni, Zuliana Ibrahim , Vera Hastuti , dan Asmira Dieni.

Sejumlah puisi dalam buku ini dibacakan di gelaran Desember Kopi Gayo di Kuyun.

Pengantar buku diberikan oleh Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara Ketut Wiradnyana, inisiator Desember Kopi Gayo Fikar W.Eda,  kurator Salman Yoga dan editor Zuliana Ibrahim.

Baca juga: Ma Prang Ditangkap Polisi, Wanita Paruh Baya Ini Peroleh Sabu dari Lhokseumawe

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved