Breaking News:

Berita Luar Negeri

Prabowo Disebut Dorong Normalisasi RI-Israel, Cari Dukungan untuk Pemilu 2024

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, disebut mendorong upaya normalisasi hubungan Indonesia dengan Israel

Editor: bakri
KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM
Prabowo Subianto. 

JAKARTA - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, disebut mendorong upaya normalisasi hubungan Indonesia dengan Israel.

Surat kabar Israel, Jerusalem Post, melaporkan serangkaian pertemuan, pernyataan, dan laporan dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2021 menunjukkan relasi Israel dan Indonesia semakin dekat.

Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal.

Namun, koran tersebut memaparkan Jakarta dan Tel Aviv tetap memiliki kerja sama di sektor perdagangan dan pariwisata, terutama pertanian.

Isu normalisasi Indonesia dan Israel pun kembali menjadi sorotan usai Prabowo bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel, Eyal Hulata, dalam acara konferensi internasional di Manama November 2021 lalu.

Dari sejumlah foto yang beredar di media sosial, ia terlihat berbicara dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner, pada acara yang sama.

Prabowo kemudian mengeluarkan pernyataan, tak ada larangan baginya untuk berbicara dengan pejabat Israel ketika itu demi kepentingan nasional.

Baru-baru ini, Menlu AS, Antony Blinken, dan Menlu RI Retno Marsudi, disebut membicarakan normalisasi Indonesia-Israel saat bertemu di Jakarta.

Israel bahkan disebut diberitahu AS soal pembicaraan dengan RI tersebut.

Baca juga: Gerindra Harap Jokowi Dorong Prabowo Subianto Untuk Maju Dalam Pilpres 2024

Baca juga: Dua Tentara Israel Tewas Ditembak Rekannya Sendiri

Sejumlah sumber juga mengatakan pejabat RI dan Israel telah menggelar beberapa pertemuan rahasia dalam beberapa waktu terakhir.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved