Breaking News:

Tips dan Trik

Berkaca dari Kecelakaan Maut di Balikpapan, Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Rem Mobil Blong

Kejadian rem blong memang kerap kali menjadi faktor penyebab terjadi kecelakaan dalam berkendara tercatat sepanjang...

Editor: Eddy Fitriadi
Dok Polres Subulussalam
ILUSTRASI truk kecelakaan akibat rem blong. Berkaca dari Kecelakaan Maut di Balikpapan, Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Rem Mobil Blong. 

SERAMBINEWS.COM - Berita kecelakaan truk tronton di Balikpapan, Kalimantan Timur yang menabrak beberapa pengendara motor dan mobil memang menyita perhatian publik.

Dalam video singkat yang beredar, tampak truk tronton bermuatan 20 ton hilang kendali saat berada di lampu merah.

Truk tersebut lalu menabrak beberapa pengendara di depannya sehingga terjadilah tabrakan beruntun.

Belakangan diketahui penyebab utama dari kecelakan tersebut dikarenakan rem pada truk mengalami blong.

Kejadian rem blong memang kerap kali menjadi faktor penyebab terjadi kecelakaan dalam berkendara tercatat sepanjang 5 tahun belakangan, kecelakaan dikarenakan rem blong hampir mencapai 90 persen.

Mengantisipasi hal itu, dilansir dari laman resmi suzuki, Tribunnews telah merangkum cara untuk mengatasi rem blong pada mobil.

Cara yang pertama yaitu dengan memompa rem, rem yang dipompa secara terus menerus dapat membuat tekanan pada rem kembali seperti semula.

Namun jika saat mengerem Anda merasa tekanannya keras, segera cek di bagian pedalnya barangkali ada sesuatu yang menganjal.

Anda bisa meminta bantuan pengemudi samping untuk mengecek bagian pedal tersebut atau Anda bisa mengurangi laju agar bisa memeriksa bagian tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu turunkan gigi transmisi, cara ini dianggap sebagai cara terpraktis untuk mengatasi rem blong. Anda bisa memanfaatkan efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved