Breaking News:

Berita Kutaraja

BMKG Ungkap Penyebab Pesawat Garuda Gagal Landing di Bandara SIM, Efek Angin Cross Win di Landasan

“Dilihat dari segi visibility, jaraknya sangat dekat, 500 meter. Saat kita beri informasi demikian, pilot mengurungkan niat untuk landing," ujarnya.

Penulis: Subur Dani | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Kasie Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Zakaria Ahmad SE 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar mengungkap penyebab Pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta- Banda Aceh sempat gagal landing di Bandara SIM , Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (7/2/2022) siang.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandara Blangbintang, Zakaria Ahmad, SE yang dikonfirmasi Serambinews.com mengatakan, kejadian gagal landing Pesawat Garuda tersebut disebabkan adanya angin cross win atau angin yang menyebarang landasan.

“Landasan kita ini memanjang utara selatan. Sedangkan angin tadi angin barat, sehingga menyeberang dengan kecepatan antara 28 sampai 30 km per jam. Dengan kecepatan segitu, itu sangat berbahaya pesawat untuk landing,” kata Zakaria.

Selanjutnya, lanjut Zakaria, pihaknya memonitor adanya angin awan Comulonimbus di atas landasan Bandar SIM, jelang Pesawat Garuda landing tadi siang.

“Dilihat dari segi visibility, jaraknya sangat dekat, 500 meter. Saat kita beri informasi demikian, pilot mengurungkan niat untuk landing dan balik ke bandara terdekat, Kualanamu,” kata Zakaria.

Zakaria juga menyampaikan prakicu (prakiraan cuaca) untuk wilayah Aceh dalam tiga hari ke depan.

Baca juga: Jarak Pandang Terbatas, Pesawat Garuda Indonesia Sempat Gagal Mendarat di Bandara SIM

Menurutnya dalam tiga hari ke depan, wilayah yang masih berpotensi hujan meliputi Aceh Timur, Aceh Tamiang, bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya.

“Wilayah-wilayah tersebut masih berpotensi terjadi hujan-hujan ringan hingga sedang,” paparnya.

Sementara untuk beberapa daerah lainnya seperti Aceh Jaya, Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, serta Aceh Utara, berpotensi cerah berawan dan hujan ringan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved