Breaking News:

Destinasi Wisata Religi

Mesjid Raya Baiturrahman, Ikon Destinasi Wisata Religi Indonesia yang Makin Dikenal Dunia

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pun memiliki peran yang besar dalam sejarah Islam dan momentum perdamaian sebuah bangsa dari masa ke masa.

Editor: Taufik Hidayat
Mesjid Raya Baiturrahman, Ikon Destinasi Wisata Religi Indonesia yang Makin Dikenal Dunia - masjid-raya-baiturrahman-1612-m.jpg
Serambinews.com/Aulia Prasetya
Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Meukuta Alam tahun 1612 masehi.
Mesjid Raya Baiturrahman, Ikon Destinasi Wisata Religi Indonesia yang Makin Dikenal Dunia - masjidrayabaiturrahman.jpg
Serambinews.com/Aulia Prasetya
Masjid Raya Baiturrahman dibangun Sultan Iskandar Muda Meukuta Alam tahun 1612 masehi.

Laporan Aulia Prasetya | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh, dan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berstatus Daerah Istimewa, tempat berdirinya sebuah masjid yang dibangun seorang Sultan Kerajaan Islam Asia Tenggara dan diberi nama Masjid Raya Baiturrahman.

Aceh termasuk daerah pertama masuknya agama Islam di wilayah Indonesia. Selain itu juga tempat berdirinya Kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Peureulak dan Pasai, kemudian menjadi rujukan penerapan syari'at Islam di Asia Tenggara pada masa Kerajaan Aceh Darussalam.

Lokasi geografis Aceh sangat strategis karena berada di persimpangan Selat Malaka dengan Samudera Hindia, sehingga memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Asia Tenggara.

Pada awal abad ke-17, Kerajaan Aceh Darussalam menjadi kiblat ilmu pengetahuan agama dan budaya. Pengaruh agama dan kebudayaan Islam begitu besar dalam kehidupan masyarakat. Sehingga mendapat julukan Serambi Mekkah yang menggambarkan Aceh pernah menjadi pusat peradaban dan khazanah keilmuan di Asia Tenggara.

Sejak masa itu pula Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Meukuta Alam tahun 1612 masehi.

Masjid Raya Baiturrahman salah satu destinasi religi paling banyak dikunjungi warga lokal maupun wisatawan asing. Keindahan bangunan masjid dengan perpaduan arsitektur Eropa dan Timur Tengah ditambah nilai sejarahnya yang tinggi mampu menyedot banyak peziarah Arab, Malaysia, Brunei Darussalam, dan negara-negara Asia Barat yang penduduknya muslim untuk berkunjung ke Aceh, untuk melihat keindahan Masjid Baiturrahman dan situs-situs Islam lainnya.

Jadi tak heran kalau masjid ini tak pernah sepi pengunjung. Selain nilai religi dan keindahan bangunannya, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pun memiliki peran yang besar dalam sejarah Islam dan momentum perdamaian sebuah bangsa dari masa ke masa.

Termasuk menjadi tempat berlindung warga dari terjangan tsunami tahun 2004 yang menewaskan lebih 200 ribu jiwa masyarakat Aceh. Saat bangunan sekitarnya ambruk diguncang gempa dan dihantam gelombang besar, masjid ini tetap berdiri dengan kokoh.(*)

Baca juga: Video - Indonesia Borong 42 Jet Tempur dan Kapal Selam Dari Prancis, Total Dana Rp116 Triliun

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved