Breaking News:

Tips Otomotif

Begini Cara Antisipasi Pencurian dengan Modus Pecah Kaca Mobil

Selain itu, bila ada barang berharga, jangan pernah berpikir aman untuk meninggalkan di dalam kabin.

Editor: Ansari Hasyim
shutterstock
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Jusri Pulubuhu selaku Training Director sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan untuk menghindari modus pencurian di mobil dengan memecahkan kaca yang yang paling utama diperhatikan adalah kondisi lingkungan setempat.

"Terutama ketika akan parkir, jangan sembarang di pinggir jalan bila memang akan ditinggal cukup lama. Lebih baik cari parkiran yang aman atau memiliki pos keamanan," ucap Jusri beberapa waktu lalu.

Kalau tak ada parkiran umum, usahakan mencari lokasi yang terbuka agar mudah terlihat dan ramai lalu-lalang masyarakat. Setidaknya hal tersebut bisa meminimalkan adanya aksi pembobolan.

Selain itu, bila ada barang berharga, jangan pernah berpikir aman untuk meninggalkan di dalam kabin.

Gus Miftah Tanggapi Soal Rencana Doddy Sudrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel

Pastikan barang-barang seperti handphone, laptop, dan sebagainya ikut di bawa keluar.

"Cari lokasi parkir yang aman dan ramai, meski kita harus jalan sedikit lebih jauh ke lokasi yang dituju, tapi lebih baik dibandingkan mengalami kerugian. Keamanan dan kenyamanan adalah pilihan, mau atau tidak, tinggal itu saja," ucap Jusri.

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," kata dia.

Pelaku spesialis pecah kaca yang juga Finalis Indonesia Idol 2008 Dede Richo (tengah) memperagakan cara melakukan aksi pencurian dengan modus pecah kaca saat pers rilis di Mapolsek Serpong, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (19/9/2018).

Setelah Cerai dari Vicky Prasetyo, Kalina Oktarani Minta Maaf ke Anaknya Azka, Menyesal?

Alasan kebutuhan ekonomi yang menyebabkan Dede Richo beralih profesi menjadi pencuri dibantu sang adik DFO alias Bryan, dan menurut pengakuannya dirinya sudah sepuluh kali melakukan aksi pecah kaca mobil di kawasan Serpong.

Tak hanya itu, Jusri juga meminta agar pemilik mobil memperhatikan benar-benar kondisi perangkat keamanan pada kendaraan. Seperti halnya alaram, dan lain sebagainya.

Pastikan berkerja dengan baik, meskipun tak menjadi jaminan, namun paling tidak bisa mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Bahkan mengurungkan niat pelaku untuk membobol dan mencuri.

"Kesimpulannya, di mana pun itu kita harus tetap waspada. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang tanpa disadari justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri," ujar Jusri.(*)

Berita ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Terjadi Lagi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Begini Cara Antisipasinya

Berita terkait lainnya

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved