Breaking News:

Rusia Serang Ukraina

Berbeda dari Negara Lain, Meksiko Malah Menolak Jatuhkan Sanksi Ekonomi Atas Rusia

Pemerintah Meksiko menyatakan tak akan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia terkait invasinya ke Ukraina....

Editor: Eddy Fitriadi
AP
Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador. Berbeda dari Negara Lain, Meksiko Malah Menolak Jatuhkan Sanksi Ekonomi Atas Rusia. 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Meksiko menyatakan tak akan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia terkait invasinya ke Ukraina.

Berbeda dari lainnya, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador justru mengkritik aksi penyensoran media Rusia yang dilakukan oleh banyak perusahaan media sosial pada Selasa (2/3/2022).

"Kami tidak akan melakukan pembalasan ekonomi apa pun karena kami ingin memiliki hubungan baik dengan semua pemerintah dunia," ujar Obrador dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters.

Sikap Lopez ini jelas sangat berbeda dengan banyak negara di dunia yang kini berbondong-bondong menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia atas invasi mereka ke Ukraina sejak pekan lalu.

Pada kesempatan yang sama, Lopez juga mengecam tindakan perusahaan media sosial yang menyensor media pemerintah Rusia.

"Saya tidak setuju dengan fakta bahwa media dari Rusia atau negara mana pun disensor," ungkapnya.

Saat ini Google telah memblokir outlet media milik negara Rusia, RT, dan kanal lainnya untuk menerima uang dari iklan yang terpasang di web, aplikasi, dan video YouTube mereka. Facebook juga telah mengambil langkah yang sama.

Secara umum, Rusia memang memiliki kedekatan dengan negara-negara Amerika Latin, terutama pemerintahan otoriter di Kuba, Venezuela, dan Nikaragua. Namun, hubungannya dengan Meksiko terlihat biasa-biasa saja karena Meksiko cukup akrab dengan Amerika Serikat.

Di sisi lain, Obrador yang condong ke sayap kiri terkadang merasa kurang cocok dengan kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Meskipun demikian hubungan ekonomi Meksiko dan Amerika Serikat masih terjalin dengan kuat.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard pekan lalu sempat mengutuk invasi dan menuntut Rusia mengakhiri operasi militernya di Ukraina. Sikapnya ini lebih keras daripada sang presiden yang menyarankan dialog.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Meksiko Menolak Jatuhkan Sanksi Ekonomi Terhadap Rusia"

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved