Breaking News:

Salam

Dunia Olahraga Bereaksi Lebih Keras untuk Rusia

Dunia olahraga ternyata bereaksi lebih keras, tegas, dan nyata terhadap Rusia bersama sekutunya Belarusia yang dinilai menginvasi Ukraina

Editor: bakri
Rusian defence
Bom termobarik ditembakkan dari peluncur roket ganda TOS-1 atau TOS-1A. - Simak penjelasan terkait bom termobarik milik Rusia, beserta cara kerjanya. 

Dunia olahraga ternyata bereaksi lebih keras, tegas, dan nyata terhadap Rusia bersama sekutunya Belarusia yang dinilai menginvasi Ukraina melalui operasi militer yang sangat brutal.

Sikap dunia olahraga ini berbeda jauh dengan sikap politik dan ekonomi dunia yang kebanyakan hanya menggertak.

Seruan pengucilan terhadap Rusia dan Belarusia diawali oleh pengumuman Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang bermarkas di Lausanne, Swiss, Senin (28/2/2022).

Mereka mendesak semua federasi olahraga internasional mengecualikan atlet, pelatih, dan ofisial atau pejabat olahraga Rusia serta Belarusia dari semua pentas internasional.

”Untuk melindungi integritas kompetisi olahraga global dan untuk keselamatan semua peserta, dewan eksekutif IOC merekomendasikan agar federasi olahraga internasional dan penyelenggara acara olahraga tidak mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan ofisial dari Rusia serta Belarusia di ajang internasional,” ujar IOC.

IOC pun sudah mencabut Olympic Order, penghargaan tertinggi IOC, dari semua pejabat tinggi Rusia termasuk Presiden Vladimir Putin.

Dunia olehraga pernah melakukan pemboikotan semacam ini terhadap Yugoslavia di era Slobodan Milosevic dan Afrika Selatan di bawah pemerintahan apartheid.

Samira Asghari, Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Afghanistan
Samira Asghari, Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Afghanistan (AFP)

Seruan IOC langsung direspons sedikitnya tujuh federasi olahraga dunia.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menendang Rusia dari Piala Dunia 2022 Qatar dan diikuti Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) yang mengusir Rusia dan klub-klub asal Negeri Beruang Merah ini dari semua kejuaraan Eropa.

Baca juga: Wali Kota Kiev, Mantan Juara Tinju Kelas Berat Dunia Siap Mempertahankan Kota dari Gempuran Rusia

Baca juga: Rusia Ancam Perang Dunia III Bersenjata Nuklir, Peringatkan NATO Tidak Campur Tangan di Ukraina

”Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina,” kata juru bicara FIFA dan UEFA.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved