Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Lulusan Terbaik Bukan Jaminan Mudah Dapat Pekerjaan,Rektor Unimal: Banyak Cumlaude Jadi Pengangguran

“Kenyataan ini menunjukkan ilmu yang diperoleh selama perkualiahan tidak menjamin bisa mendapatkan pekerjaan," ujar Rektor Unimal.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Saifullah
Dok Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra, Asean, Eng. 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE – Rektor Universitas Malikussaleh ( Unimal), Prof Dr Herman Fithra, Asean, Eng dalam sambutannya mengingatkan, pengangguran tertinggi di Aceh justru berasal dari kalangan sarjana.

Hal itu dikatakannya saat melaksanakan prosesi upacara Wisuda Angkatan ke-28 sebanyak 587 lulusan Program Magister, profesi, sarjana, dan diploma 3 di Aula Gedung ACC Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, Sabtu (19/3/2022) dan Minggu (20/3/2022).

“Sekarang banyak yang lulus cumlaude, tapi tidak jadi apa-apa. Sementara ada lulusan yang menempuh pendidikan tujuh tahun, yang diluluskan dosen karena kasihan daripada DO, justru kemudian menjadi pemimpin dan mampu meraih prestasi,” terang Herman Fithra dalam pesan tertulis kepada Serambinews.com, Sabtu (19/3/2022).

Menurutnya, kondisi tersebut sangat ironis karena golongan yang memiliki kemampuan akademis, tapi tidak mampu mendapatkan tempat di dunia kerja.

“Kenyataan ini menunjukkan ilmu yang diperoleh selama perkualiahan tidak menjamin bisa mendapatkan pekerjaan. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua, bukan hanya tugas pemerintah,” ujarnya.

Pada bagian lain, Rektor Unimal mengingatkan, pentingnya aspek komunikasi dan etika yang harus menjadi perhatian para lulusan.

Baca juga: Unimal Kembali Wisuda 587 Lulusan Program Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma 3

Ia juga mengatakan, komunikasi dan etika tidak semuanya diajarkan di kampus.

Di era digital, cara berkomunikasi ada rekam jejaknya karena melalui media sosial. Lowongan kerja kadang dipelajari melalui rekam jejak media sosial.

“Jadi, berhati-hatilah dengan komentar dan pernyataan di media sosial karena itu akan terus tercatat,” tukas Rektor Unimal.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved