Breaking News:

Cahaya Aceh

Museum Aceh Simpan Bukti Sejarah hingga Rempah

Museum Aceh menambah ruang khusus untuk menyimpan rempah-rempah yang menjadi komoditas ekspor di masa lalu.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Koleksi rempah yang jadi komoditas ekspor masa lalu di Museum Aceh. 

Muhammad Nasir | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka meningkatkan kunjungan dan menambah wawasan untuk para pengunjung, Museum Aceh terus membenahi koleksinya.

Terbaru, Museum Aceh menambah ruang khusus untuk menyimpan rempah-rempah yang menjadi komoditas ekspor di masa lalu. Keberadaan koleksi rempah semakin memperkuat posisi Aceh sebagai jalur rempah dunia.

Di Museum Aceh, pengunjung bisa mengetahui tentang Aceh Sepanjang Abad. Mulai masa kesultanan Aceh, perang melawan Portugis, perjuangan pahlawan nasional, era-ara awal kemerdekaan hingga MoU Helsinki.

Di Museum ini, pengunjung juga bisa tahu adat istiadat hingga budaya Aceh. Karena banyak bendanya yang dipamerkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, keberadaan koleksi rempah di Museum Aceh atau Rumoh Aceh sebagai penambah wawasan kepada pengunjung.

Karena, katanya, pada abad ke-16, Aceh sempat menjadi titik jalur rempah Nusantara yang kerap disinggahi berbagai kapal dari tiap penjuru mata angin. Sehingga berbagai negara dari eropa berlomba-lomba untuk ke Aceh karena sumber rempahnya yang melimpah. 

Dari catatan sejarah emas kejayaan rempah Aceh itu, Disbudpar dan UPTD Museum Aceh menggelar thematic exhibition (pameran tematik) yang bertema ‘Aroma Rempah Jejak Sejarah Aceh’. Sehingga saat ini pengunjung ke Museum tak hanya melihat benda sejarah,  tapi juga rempah.

Ada 24 jenis komoditas rempah asal Aceh dan jalur perdagangannya dipamerkan di museum Aceh sejak, Rabu (16/3/2022).

Kata Jamaluddin, kehadiran rempah itu untuk mengetahui dan meningkatkan literasi terkait khazanah komoditas rempah asal Aceh yang pernah ‘membumbui’ dunia dengan citarasa dan kualitas terbaiknya.(*)

Baca juga: Minuman Rempah Perawan Laris Manis di Aceh Tengah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved