Breaking News:

Wisuda Santri

Ruhul Islam Anak Bangsa Wisuda 228 Santri, Sebanyak 44 Orang Hafiz Alquran 30 Juz

Madrasah Aliyah Swasta Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar menggelar haflah takhrij atau wisuda terhadap 228 santri....

Editor: Eddy Fitriadi
Dok RIAB
Prosesi wisuda santri Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) di Gue Gajah, Aceh Besar, Sabtu (26/3/2022). Ruhul Islam Anak Bangsa Wisuda 228 Santri, Sebanyak 44 Orang Hafiz Alquran 30 Juz. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Madrasah Aliyah Swasta Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar menggelar haflah takhrij atau wisuda terhadap 228 santri angkatan ke-23 pada Sabtu (26/3/2022) di sekolah tersebut, Desa Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan itu dibuka dengan pawai santri di Gue Gajah lalu dilanjutkan dengan penampilan rapai geleng.

Wisuda kali ini diikuti oleh 228 santri, terdiri atas 102 santriwan dan 126 santriwati. Bahkan RIAB pada haflah takhrij tahun ini mampu mencetak 44 santri yang mampu menuntaskan hafalan 30 juz Alquran.

Demikian disampaikan Direktur RIAB, Ustaz Kusnadi MA melalui siaran pers yang diterima Serambinews.com, kemarin. Disebutkan, pencapaian hafiz kali ini meningkat dibanding tahun lalu.

“Tahun ini grafiknya naik terus. Bahkan di tengah pandemi covid-19 ini, kami meluluskan 44 orang hafiz 30 juz Alquran. Mereka meraih piagam, cenderamata, dan uang tunai Rp 500 ribu/santri dari Bank Aceh dan dari Yayasan RIAB juga,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, dalam sambutannya mengapresiasi RIAB atas meningkatnya jumlah penghafal Alquran dari sebelumnya 34 orang, pada tahun ini menjadi 44 orang.

“Semoga RIAB tetap menjadi dayah berprestasi secara nasional dan dapat memposisikan diri sebagai barometer dayah Aceh,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Musmulyadi mengatakan, madrasah sangat memiliki peran dan berada di garda terdepan dalam menyelamatkan generasi bangsa.

"Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era digital dan banyaknya konten yang diakses bila bersifat positif maka akan semakin menambah wawasan. Kita juga sangat mengapresiasi Madrasah Aliyah RIAB yang dapat melahirkan hafiz terbaiknya," jelasnya.

Turut hadir dalam acara haflah takhrij tersebut, Dewan Pembina Yayasan RIAB, H Alamsyah Umar SE, Ketua Yayasan RIAB, Hj Khairiyah, Kasi Penmad kemenag Aceh Besar, Suryadi SAg, Danramil, Kapolsek, dan sejumlah tamu undangan lainnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved