Breaking News:

Salam

Perbanyak Amalan, Kurangi Bermedsos

Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta kepada segenap masyarakat agar tetap menjaga ukhuwah dan menghargai perbedaan

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk Faisal Ali 

Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta kepada segenap masyarakat agar tetap menjaga ukhuwah dan menghargai perbedaan, serta memperhatikan keputusan pemerintah dalam penetapan awal Ramadhan.

Permintaan MPU itu disampaikan dalam Tausiah Nomor 2 Tahun 2022, Tentang Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan dan Kegiatan Keagamaan Lainnya Tahun 1443 H.

Sebagaimana yang tersiar sejak sepekan terakhir, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah, 1443 H, menetapkan 1 Ramadhan 1443 jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Besar Abrar Zym menyerahkan kitab suci Alqur'an untuk enam masjid di Pulo Nasi saat melakukan aksi bakti sosial ke Pulo Aceh dalam rangka menyambut bulan suci bulan Ramadhan 1443 H pada Kamis (24/3/2022).
Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Besar Abrar Zym menyerahkan kitab suci Alqur'an untuk enam masjid di Pulo Nasi saat melakukan aksi bakti sosial ke Pulo Aceh dalam rangka menyambut bulan suci bulan Ramadhan 1443 H pada Kamis (24/3/2022). (Foto: IST)

Berbeda lagi dengan Tarikat Syattariah di Kabupaten Nagan Raya.

Pengikut Abu Habib Muda Seunagan atau Abu Peulekung ini dalam musyawarah pertengahan bulan Syakban lalu telah memutuskan 1 Ramadhan atau awal puasa jatuh pada Kamis, 31 Maret 2022.

Nahdlatul Ulama (NU) hingga kemarin belum menetapkan tanggal awal puasa Ramadhan 2022.

Sedangkan Pemerintah melalui MUI (Majelis Ulama Indonesia) nantinya akan menggelar sidang Isbat pada 1 April 2022 untuk penentuan awal puasa.

Pengumuman hasil pengamatan akan disampaikan langsung Menteri Agama dalam sidang isbat, setelah menerima hasil rukyatul hilal seluruh Indonesia.

Baca juga: Marhaban Ya Ramadhan.

Baca juga: Kultum Singkat Tarawih: Puasa Ramadhan Sebagai Wujud Ketaatan dan Peningkatan Kualitas Diri

Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali mengingatkan, perbedaan dalam penentuan awal puasa biasanya berujung pada saling ejek dan perdebatan, terutama di media sosial.

Karena itu, dalam melakukan amalan ibadah puasa, masyarakat diminta agar menjaga lisan dan jari.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved