Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Bincang Serambi Ramadhan - Teuku Zulkhairi Paparkan Kriteria Takwa dan Keutamaannya

Sebagaimana banyak ditegaskan dalam AlQuran bahwa Allah SWT menyediakan “syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai” bagi orang-orang yang bertakwa

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Mursal Ismail
Tangkapan Layar Youtube/SerambiOnTV
BINCANG SERAMBI RAMADHAN - Alumnus Dayah Babussalam Matangkuli Aceh Utara dan juga akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Tgk Teuku Zulkhairi MA menjadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Jumat (8/4/2022) , yang dipandu wartawan Serambinews.com, Firdha Ustin. 

Sebagaimana banyak ditegaskan dalam AlQuran bahwa Allah SWT menyediakan “syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai” bagi orang-orang yang bertakwa

SERAMBINEWS.COM – Tujuan puasa Ramadhan adalah agar seorang muslim dapat meraih derajat takwa.

Melalui serangkaian proses pendidikan dan pelatihan selama ibadah puasa Ramadhan, seorang Muslim yang betul-betul mau memanfaatkan setiap peluang amal ibadah di bulan Ramadhan, maka akan ia semakin dekat dengan derajat takwa yang dijanjikan oleh Allah Swt di dalam Alquran.

Hal inilah yang menjadi pembahasan Mudir Ma’had Aly Dayah Babussalam Matangkuli Aceh Utara dan juga akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Tgk Teuku Zulkhairi MA dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Jumat (8/4/2022).

Program yang mengangkat  tema " Apa Saja Kriteria Takwa dan Keutamaannya?” ini dipandu wartawan Serambinews.com, Firdha Ustin, yang disirakan langsung di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Program khusus kerja sama Serambi Indonesia dengan Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) ini disiarkan setiap hari pukul 16.30 WIB selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini.

Baca juga: Bincang Serambi Ramadhan - Kapan Imsak? Suara Sirine atau Adzan Subuh? Ini Kata Tgk Khairizal

Sebagaimana banyak ditegaskan dalam Alquran bahwa Allah SWT menyediakan “syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai”  bagi orang-orang yang bertakwa.

Lantas apa saja kriteria takwa? Tgk Zulkhairi mengatakan dari sejumlah ayat-ayat dalam berbagai surah dalam Alquran, dijelaskan bagi orang-orang yang bertakwa itu adalah mereka yang beriman kepada yang ghaib.

“Ghaib itu merupakan sesuatu yang tidak bisa kita lihat sampai hari ini, seperti syurga dan neraka. Tetapi kita tetap beriman sampai hari ini,” paparnya.

Kemudian kriteria takwa yang kedua adalah mendirikan shalat dan tidak meninggalkannya.

“Karena shalat itu adalah tiang agama, jika orang itu meninggalkannya berarti dia sudah meruntuhkan agama,” ujar Tgk Zulkhairi, yang juga Sekjen ISAD

Selanjutnya adalah orang-orang yang membayar zakat dan gemar bersedekah, serta berinfak dalam keadaan sempit maupun lapang.

Baca juga: Bincang Serambi Ramadhan - Golongan Diperbolehkan tak Berpuasa, Simak Penjelasan Tgk Aria

“Kriteria takwa berikutnya yaitu mau menahan amarah. Jadi orang bertakwa itu bisa ngontrol emosinya dan tidak sebentar-bentarnya marah,” jelasnya.

Kriteria takwa berikutnya, kata Tgk Zulkhairi, yaitu mau selalu berdoa meminta ampun kepada Allah dan tidak mengulangi perbuatan dosa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved