Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pusat Belum Transfer Dana Otsus Aceh Tahun 2022 Senilai Rp 7,5 Triliun 

"Benar, sampai saat ini dana otsus tahap I belum ditranfer oleh pusat. Sehingga tranfer ke kabupaten/kota belum dapat kita lakukan," katanya.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA. 

"Benar, sampai saat ini dana Otsus tahap I belum ditranfer oleh pusat. Sehingga tranfer ke kabupaten/kota belum dapat kita lakukan," katanya.

Laporan Masrizal | Banda Aceh  

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah pusat hingga April 2022 , belum mentransfer Dana Otonomi Khusus atau Otsus Aceh'> Otsus Aceh tahap I tahun 2022 senilai Rp 7,5 triliun. 

Padahal, Pemerintah Aceh sudah menyampaikan persyaratan penerimaan dana Otsus tahap I tahun 2022 sejak Februari lalu, dan tercepat sepanjang sejarah Otsus Aceh'> Otsus Aceh.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA yang dihubungi Serambinews.com, Kamis (21/4/2022) membenarkan hingga saat ini Pemerintah Aceh belum menerima dana Otsus tahap I.

Biasanya, bantuan anggaran tersebut sudah dikirim dari awal tahun berjalan setelah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) disahkan.

"Benar, sampai saat ini dana Otsus tahap I belum ditranfer oleh pusat. Sehingga tranfer ke kabupaten/kota belum dapat kita lakukan," katanya.

Menurut MTA, akibat belum ditransfernya dana Otsus, pemerintah daerah tidak bisa dibayar paket pekerjaan pembangunan yang bersumber dari Otsus.

Baca juga: ‘Kami Support Dana Otsus Aceh’

Keterlambatan ini, terang MTA, disebabkan adanya perubahan aturan terbaru Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait dana Otsus.

"Laporan pertanggungjawaban realisasi Otsus tahun 2021 sebagai persyaratan untuk tranfer tahap I 2022, sudah kita sampaikan sejak Februari lalu," terang MTA.

Menurut MTA, pada 4 April 2022, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI pernah mengundang Aceh dan Papua untuk mengikuti rapat via Zoom Meeting perihal persiapan transfer dana Otsus tahap I 2022.

"Namun kemudian ditunda dengan waktu yang belum ditentukan. Bisa jadi rapat tersebut akan digelar kembali dalam beberapa hari ini, setelah PMK terbaru tersebut final," ucap MTA. 

Jubir Pemerintah Aceh ini berharap, pemerintah pusat bisa men transfer dana Otsus Aceh tahap I tahun 2022 dalam bulan ini.

"Mudah-mudahan bulan ini tranfer Otsus tahap I akan dilakukan, dan kita sikapi ini secara positif saja atas penyesuaian aturan terbaru ini," tutup MTA.(*)

Baca juga: Jubir: Dana Otsus Aceh Berkurang Jadi 1 Persen

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved