Breaking News:

Luar Negeri

Bentrokan Pecah Lagi di Kompleks Masjid Al-Aqsa, 12 Warga Palestina Terluka Diserang Polisi Israel

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, sedikitnya 12 warga Palestina terluka akibat insiden yang terjadi pada pagi waktu setempat itu.

Editor: Faisal Zamzami
AFP/AHMAD GHARABLI
Umat muslim Palestina berunjuk rasa seusai shalat Jumat di Kompleks Masjid Al-Aqsha, Yerusalem, Jumat (15/4/2022). Sebagai bentuk protes terhadap kekejaman pasukan Israel dalam bentrokan di Kompleks Al-Aqsa pada Jumat pagi. 

SERAMBINEWS.COM, YERUSALEM – Bentrokan antara polisi Israel dengan warga Palestina kembali pecah di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Jumat (29/4/2022).

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, sedikitnya 12 warga Palestina terluka akibat insiden yang terjadi pada pagi waktu setempat itu.

Polisi Israel mengatakan, mereka turun tangan ketika ratusan orang mulai melemparkan batu dan kembang api, termasuk ke arah Tembok Barat, tempat para jamaah Yahudi berkumpul.

Dilansir Reuters, polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah warga Palestina yang melempar batu.

“Kami akan terus bertindak tegas terhadap perusuh dan penjahat demi keselamatan dan keamanan publik,” kata polisi Israel dalam sebuah pernyataan.

Kekerasan di Kompleks Masjid Al-Aqsa sempat mereda pekan ini setelah berakhirnya Paskah Yahudi dan setelah Israel menghentikan kunjungan Yahudi ke situs tersebut.

Ramadhan berakhir pekan depan dan Jumat terakhir bulan puasa kerap kali ada banyak orang berkumpul di Al-Aqsa.

Di sisi lain, sejumlah pejabat Israel menyalahkan ketegangan bulan ini pada kelompok-kelompok milisi, termasuk Hamas, yang menguasai Gaza.

Para pejabat Israel tersebut mengatakan, mereka telah mendorong para pemuda untuk melakukan kerusuhan yang bertujuan untuk membangkitkan kemarahan di dunia Muslim terhadap Israel.

Kompleks Al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

Yerusalem kemudian dianeksasi Israel dalam sebuah langkah yang belum mendapat pengakuan internasional.

Baca juga: VIDEO Ulama Palestina Ikut Iktikaf di Tamiang, Bahas Kekejaman Israel dan Keutamaan Masjid Al Aqsa

Baca juga: Bentrok Kembali Terjadi di Masjid Al-Aqsa, 57 Warga Palestina Terluka

Bentrokan Sebelumnya

Sebelumnya Bentrokan di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem kembali pecah pada Jumat (22/4/2022).

Dilansir dari Reuters, sedikitnya 57 warga  Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi Israel di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa terbaru, kata petugas medis.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved