Breaking News:

Otomotif

Samsung Batal Ikut Huawei Produksi Mobil Listrik, Takut Saingi Saudaranya, KIA dan Hyundai

Perusahaan raksasa Korea Selatan, Samsung batal mengikuti Huawei, perusahaan elektronik China yang telah memproduksi mobil listrik

Editor: M Nur Pakar
BBC
Samsung batal produksi mobil listrik, seperti pabrikan China, Huawei. 

SERAMBINEWS.COM, SEOUL - Perusahaan raksasa Korea Selatan, Samsung batal mengikuti Huawei, perusahaan elektronik China yang telah memproduksi mobil listrik

Samsung telah memutuskan tidak akan membuat kendaraan bermotor listrik (electric vehicle/EV) sendiri sebagaimana rencana awal.

Sebab, seperti dilaporkan The Korea Times, segmen tersebut dinilai tidak dapat menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan dan berpotensi bisa menimbulkan konflik dengan klien utamanya di industri otomotif.

Seperti diketahui, Korea Selatan memiliki dua pabrikan mobil, KIA dan Hyundai yang sudah global.

Sehingga, produsen elektronik memastikan tetap mendukung era elektrifikasi yang ramah lingkungan dengan cara menjual lebih banyak komponen ke para produsen mobil listrik EV.

"Samsung masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam menangani masalah desain yang berpusat pada penanganan bisnis EV yang sudah jadi," kata Eksekutif Senior Samsung yang tidak disebutkan namanya, Rabu(18/5/2022).

Pameran Mobil Listrik di Indonesia
Ilustrasi mobil listrik

Baca juga: Telkomsel dan Samsung Kolaborasi, Luncurkan Paket Bundling Samsung Galaxy S21FE

"Ini (produksi EV sendiri) akan menghabiskan banyak biaya dan mungkin memiliki nilai yang tidak bisa dijamin dari sudut pandang Samsung," jelasnya.

Dilansir Kompas.com, Rabu (18/5/2022), dengan semakin ketatnya persaingan di bisnis smartphone, produsen ini memilih untuk lebih bergantung pada bisnis komponen untuk mendapat keuntungan.

Tetapi, Samsung akan memasok komponen seperti chip penggerak otonom, modul kamera, baterai, dan layar OLED.
"Mengingat posisi perusahaan dan kekuatan yang solid dalam komponen, memiliki manajemen yang jelas dan efektif dengan klien akan sangat berarti," katanya.

Berbeda Samsung, Apple masih berniat untuk menghadirkan kendaraan listriknya sendiri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved