Breaking News:

Berita Nagan Raya

Pemkab Akan Dirikan PDAM Tirta Nagan Raya

FGD dengan agenda membahas rencana pendirian PDAM itu menghadirkan pemateri Dr Irfan Zikri, SP, MA dan Dr Riha Dedi Priantana, SEAk, MSi. 

Penulis: Rizwan | Editor: Saifullah
Dok Diskominfotik Nagan Raya
FGD pendirian PDAM Tirta Nagan Raya di Aula Kantor Bupati, Selasa (31/5/2022). 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pemkab Nagan Raya mengadakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) tentang analisis kebutuhan dan kelayakan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Nagan tahun  2022. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Nagan Raya, Selasa (31/5/2022).

FGD dengan agenda membahas rencana pendirian PDAM itu menghadirkan pemateri Dr Irfan Zikri, SP, MA dan Dr Riha Dedi Priantana, SEAk, MSi. 

Turut hadir peserta unsur DPRK Nagan Raya, para asisten, dan sejumlah kepala dinas.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE diwakili Asisten Tata Pemerintahan, Zulfika, SH  mengatakan, air merupakan sumber daya yang melimpah dan dapat ditemukan pada setiap tempat di permukaan bumi.

Air merupakan sumber daya yang sangat penting dan dibutuhkan setiap makhluk hidup. 

Baca juga: Cakupan Layanan PDAM Tirta Daroy Banda Aceh Sudah Capai 90 Persen, di Atas Rata-rata Nasional

Diterangkannya, Pemkab Nagan Raya akan mengambil bagian sebagai daerah yang akan melakukan pengelolaan air bersih dan layak, untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat Nagan Raya

"Kita akan merevisi Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Rispam) agar memenuhi target penilaian Bappenas 75 % sebagai salah satu prasyarat untuk memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) air minum," ungkap Zulfika.

Zulfika juga menerangkan bahwa Pemkab Nagan Raya akan melakukan kerja sama dengan para tim pengembangan bisnis Universitas Syiah Kuala menyusun kajian untuk membentuk Perumda Tirta Nagan yang menangani secara khusus terhadap pengelolaan air. 

"Di Nagan Raya terdapat 3 titik lokasi SPAM, yaitu SPAM Simpang Peut Kecamatan Kuala, SPAM Kecamatan Suka Makmue, dan SPAM di Kecamatan Darul Makmur,” urainya.

Nagan Raya juga saat ini telah memiliki 1000 SR (sambungan rumah), namun karena berbagai faktorteknis hanya berfungsi sekitar 700 SR," imbuh Zulfika.

Saat ini, beber dia, Pemkab Nagan Raya melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pansimas) dari Kementerian PUPR telah membangun sekitar 60 titik yang tersebar di 10 kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya. 

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Layanan PDAM Tidak Stabil 24 Jam, Begini Tips dari Direktur PDAM Tirta Daroy

"Saya berharap setiap SKPK terkait serta para undangan yang hadir untuk dapat berkontribusi bersama-sama dan memberi dukungan agar dapat terbentuknya perusahaan milik daerah," jelasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved