Breaking News:

Berita Jakarta

Gubernur Aceh Nova Iriansyah Minta Ikatan Musara Gayo Jadi Duta Adat dan Budaya di Ibu Kota Jakarta

"Di perantauan ini, kita mewakili budaya, adab, tata cara dan istiadat tanah kelahiran. Kitalah cermin dari karakter bangsa,” kata Nova.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala BPPA saat membacakan pidato Gubernur Aceh di Halal bi Halal Ikatan Musara Gayo. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT berharap kepada masyarakat Gayo yang tergabung dalam Ikatan Musara Gayo Jabodetabek bisa menjadi duta dalam memperkenalkan adat dan budaya bagi daerah lain di Ibu Kota Jakarta.

"Di perantauan ini, kita mewakili budaya, adab, tata cara dan istiadat tanah kelahiran. Kitalah cermin dari karakter bangsa,” kata Nova.

“Karena itu, saya harapkan kita semua agar menjadi duta yang baik dari Musara Gayo agar bangsa lain di Ibu Kota mengenal keluhuran budaya dan adat istiadat kita," ujar Gubernur Aceh dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, SSTP, MSi dalam Halal bi Halal Musara Gayo Jabodetabek, di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Gubernur Aceh mengatakan,  halal bi halal yang masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri ini, bisa menjadi momentum berharga untuk berkumpul dengan sanak saudara, sahabat dan kerabat.

Karena sudah dua tahun berturut-turut tidak dapat melaksanakan tradisi yang telah seribuan tahun usianya itu, akibat terhalang pandemi Covid-19.

"Bahkan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pun, dua kali berturut-turut dianjurkan untuk menunaikannya di rumah saja. Maka, momen ini mari kita luangkan waktu untuk berkumpul dengan sanak saudara, sahabat dan kerabat," ajak Nova.

Baca juga: Nasir Djamil Hadiri Halal bi Halal Ikatan Musara Gayo, Saya Diundang Bukan sebagai Calon Gubernur

Ia menambahkan, selain untuk berbagi kebahagiaan, mensyukuri nikmat kemerdekaan dan kembalinya jiwa dalam keadaan suci, serta bisa berkumpul guna mengeratkan tali silaturrahim antar saudara sekampung halaman.

"Mari kita rajut kebersamaan, kita rawat silaturahmi dengan penuh rasa syukur, kebahagiaan tak terhingga bahwasanya acara silaturrahim ini dapat terlaksana dalam suasana damai,” urai dia.

“Baik di sini di tempat berkumpul sekarang, mau pun di tanah leluhur nun jauh di jantung Sumatera, di Tanah Gayo," sebutnya.

Nova mengajak, di suasana hari baik bulan baik ini supaya bersama-sama menyetel ulang tekad untuk menjaga kebersihan hati dan pikiran.

Baca juga: VIDEO Keluarga Masyarakat Aceh Bandung Gelar Halal Bi Halal dan Ziarahi Makam Cut Nyak Dien

Karena perdamaian yang dirasakan sekarang bukan sesuatu yang didapat secara gratis, juga bukan sesuatu yang dapat berlangsung begitu saja tanpa pemeliharaan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved