Breaking News:

Video

VIDEO Masjid Nyak Sandang Hadiah Presiden Jokowi, Penghargaan Atas Pembelian Pesawat Seulawah RI 01

Beliau adalah salah satu penyumbang dana untuk pembelian Pesawat Dakota 01 yang merupakan pesawat pertama Republik Indonesia

Editor: Syamsul Azman

SERAMBINEWS.COM - Masjid Nyak Sandang, merupakan hadiah dari Presiden Joko Widodo kepada keluarga Nyak Sandang karena berperan besar dalam sejarah penerbangan Indonesia.

Beliau adalah salah satu penyumbang dana untuk pembelian Pesawat Dakota 01 yang merupakan pesawat pertama Republik Indonesia dan cikal bakal maskapai Garuda Indonesia.

Laporan Syedara Lon Rahmad Maulizar, Sabtu (11/6/2022), masjid hadiah Presiden RI ini sudah mulai dipadati masyarakat, terutama beribadah dan wisata religi.

Untuk diketahui, pembangunan Masjid Nyak Sandang dibangun di atas lahan seluas 4.940 meter persegi, terdiri dari bangunan utama, balai pengajian, perpustakaan, kantor pengurus, kios souvenir, menara, dan fasilitas pendukung lainnya dengan luas area bangunan masjid 2.518 meter persegi.

Masjid didesain dengan konsep Islam, Iman, dan Ihsan yang diharapkan dapat menampung sekitar 940 orang. Diharapkan dengan dibangunnya Mesjid Nyak Sandang selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi tujuan wisata religi di Aceh.

Sebagai pengingat, Nyak Sandang merupakan salah satu warga negara yang ikut menyumbangkan harta kekayaannya kepada pemerintah agar bisa membeli pesawat terbang pertama di Indonesia.

Pada Rabu (21/3/2018) petang silam, selepas maghrib, ia bertemu Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Nyak Sandang mengutarakan sejumlah permohonan kepada Presiden Jokowi.

Pertama, Nyak Sandang memohon bantuan agar ia mendapatkan layanan operasi katarak.

Kedua, Nyak Sandang juga memohon Presiden Jokowi mendirikan masjid di kampung halamannya di Lamno, Aceh.

Ketiga, Nyak Sandang ingin sekali menunaikan ibadah haji. Soal ini, Jokowi mengatakan bahwa ibadah haji memerlukan sejumlah syarat.

Laporan Syedara Lon Rahmad Maulizar
Editor: Syamsul Azman

Baca juga: Masjid Nyak Sandang Berkonsep Modern, Ditargetkan Rampung Oktober 2021

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved