Breaking News:

Berita Abdya

Terkait Wabah PMK, Gubernur Aceh Minta Peternak Tidak Khawatir Berlebihan

Jika ada ternak milik masyarakat yang mempunyai gejala atau terjangkit PMK, segera dilaporkan kepada dinas terkait untuk diobati.

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah seusai meninjau dan menyerahkan obat-obatan untuk peternakan sapi di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (16/6/2022). 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Gubernur Aceh Nova Iriansyah MT meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak jenis berkuku belah.

“Peternak jangan terlalu khawatir terkait PMK ini, sebab penyakit hewan ternak ini masih bisa disembuhkan," ujar Gubernur Aceh, Nova Iriansyah seusai meninjau dan menyerahkan obat-obatan untuk  peternakan sapi di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya ( Abdya), Kamis (16/6/2022).

Dalam peninjauan itu, Gubernur Nova menyerahkan obat-obatan Anti biotik, anagesik dan disinfektan, yang diterima langsung oleh Bupati Abdya, Akmal Ibrahim.

Ia mengatakan, jika ada hewan ternak milik masyarakat yang mempunyai gejala atau terjangkit PMK, agar segera dilaporkan kepada dinas terkait untuk mendapatkan pengobatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinstanpan) Abdya, drh Nasruddin meyebutkan, PMK adalah penyakit eksotik dan mudah diobati, meskipun penularannya juga tergolong cepat, bisa melalui udara.

"Tiga sampai 10 kilometer masih bisa menular lewat udara. Tapi, tingkat kesembuhannya juga cepat, dan PMK ini tidak menular ke manusia," terangnya.

Jika ditemukan kendala, masyarakat bisa langsung melapor kepada petugas di posko Babahrot, Kuala Batee, Blangpdie, Susoh, Setia dan di Dinas Pertanian dan Pangan Abdya.

Untuk Abdya, kasus hewan ternak baik sapi maupun kerbau yang terjangkit PMK hingga hari ini sebanyak 169 ekor. Dari jumlah tersebut, sebanyak 90 ekor sudah sembuh, 77 ekor dalam masa penyembuhan dan dua ekor mati.(*)

Baca juga: Bantuan Obat tak Kunjung Tiba, Ternak Terjangkit PMK di Aceh Tamiang Disembuhkan Secara Swadaya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved