Breaking News:

Info Haji

Suhu Arab Saudi Capai 45 Derajat Celcius, Semua Jamaah Haji Aceh Dalam Kondisi Sehat

Meski cuaca ekstrem, namun tidak menyurutkan semangat jamaah untuk melakukan shalat arbain di Madinah.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Foto/Muhammad Nasril Lc
Jamaah haji asal Indonesia di Masjid Nabawi Madinah. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Aceh, Tajri bin Yakub SHI MSi hingga saat ini semua jamaah haji asal Aceh yang sudah tiba di Madinah dan Mekkah, Arab Saudi dalam kondisi sehat meskipun cuaca di kota suci tersebut mencapai 45 derajat celcius.

"Alhamdulillah kondisi jamaah dalam keadaan sehat, walaupun suhu di Arab Saudi mencapai 45 derajat celcius," katanya di Banda Aceh, Minggu (19/6/2022).

Meski cuaca ekstrem, namun tidak menyurutkan semangat jamaah untuk melakukan shalat arbain di Madinah.

Total jamaah Aceh yang sudah tiba di Madinah sebanyak 1.568 orang yang berasal dari kloter 1 hingga kloter 4. Satu diantaranya meninggal dunia yaitu jamaah dari kloter 1 asal Pidie Jaya.

Sementara itu, jamaah kloter 5 (393 jamaah) dan kloter 6 (58 jamaah) tidak lagi diberangkatkan ke Madinah, tetapi langsung ke Bandara Internasional King Abdul Aziz (JED), Jeddah di Mekah.

Jamaah kloter 5 landing di Bandara Internasional King Abdul Abdul Aziz Jeddah pada Minggu (19/6/2022) pukul 06.00 Waktu Arab Saudi atau pukul 10.56 WIB.

Sedangkan jamaah kloter terakhir atau kloter 6 akan berangkan ke Tanah Suci pada Selasa 21 Juni 2022 pukul 10.00 WIB.

Tajri menyatakan, selama di Tanah Suci, petugas kloter dan kesehatan selalu mengingatkan jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan disiplin istirahat karena puncak ibadah dan perjalanan haji masih jauh beberapa hari ke depan.

Di samping itu, petugas juga selalu mengingatkan jamaah agar selalu memakai payung dan masker. "Masker secara berkala dibasahi air menggunakan botol semprot," ucapnya.

Selain itu, memakai kacamata hitam, membawa bekal air minum (minimal 600cc)  yang sudah diberi oralit, membawa bekal makanan (buah, kue, roti dll) yang dikonsumsi saat menunggu atau setelah pelaksanaan shalat.

Jamaah juga diimbau memakai alas kaki saat berada di pelataran masjid yang tidak tertutup karpet dan membawa kantong/tas tempat alas kaki.

"Petugas juga selalu mengingatkan jamaah agar sesering mungkin minum, jangan tunggu haus. Kita berharap jamaah haji dan petugas tetap sehat, semakin bugar, ibadah lancar," tutupnya.(*)

Baca juga: LAPORAN HAJI 2022 - Jenazah Jamaah Haji Asal Aceh Dishalat Jenazahkan di Masjid Nabawi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved