Breaking News:

Info Singkil

Bahasa Singkil Diusulkan Jadi Warisan Budaya tak Benda Indonesia

Bahasa Singkil atau kerap disebut dengan istilah bahasa kade-kade, menjadi bahasa ibu yang dituturkan warga Aceh Singkil dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Wanhar
Forum group discussion (FGD) yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, di warung Sinanggel, Gunung Meriah, Kamis (23/6/2022) 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Bahasa Singkil diusulkan jadi warisan budaya tak benda Indonesia.  

Hal itu mengkerucut dalam forum group discussion (FGD) Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, di warung Sinanggel, Gunung Meriah, Kamis (23/6/2022), dihadiri Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, M Najur, Darma Kelana Putra dari BPNB Aceh, pegiat literasi Sadri Ondang Jaya, pegiat budaya Amrul Badri dan Wanhar Lingga.

Alasan Bahasa Singkil, diusulkan menjadi warisan budaya tak benda Indonesia lantaran tiga warisan budaya tak benda Indonesia asal Aceh Singkil,  prosesnya menggunakan Bahasa Singkil

Tiga warisan budaya tak benda Indonesia asal Aceh Singkil, yakni tari dampeng, tari menatakhken hinei dan canang kayu

Sehingga memiliki alasan kuat jika Bahasa Singkil, ditetapkan jadi warisan budaya tak benda Indonesia asal Aceh Singkil.

Kabid Kebudayaan M Najur mengatakan, pihaknya terus inventarisir semua warisan budaya Aceh Singkil, agar tercatat dan tidak punah. 

"Pengusulan bahasa Singkil atau kerap diistilahkan dengan bahasa kampung atau bahasa kade-kade salah satu upaya kita menjaga kelestarian bahasa ini," kata M Najur.

Bahasa Singkil atau kerap disebut dengan istilah bahasa kade-kade, menjadi bahasa ibu yang dituturkan mayoritas penduduk Aceh Singkil, dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Baca juga: Bupati Aceh Singkil Silaturahmi dengan Puluhan Ulama

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved