Breaking News:

Video

VIDEO Aksi Pemuda Cerita Dongeng pada Anak untuk Mengolah Sampah Plastik

Zainuddin bercerita dengan gaya dongeng menjelaskan proses pemilahan sampah botol plastik hingga proses menjadi sofa.

Editor: Syamsul Azman

SERAMBINEWS.COM - Zainuddin pemuda yang tinggal di Gampong Lampaseh, Kota Banda Aceh sebagai pelaku UMKM Sobotik (sofa botol plastik) membagi kisah dongeng inspiratif Sobotik kepada Anak-anak komunitas Hubbika House Creative (HHC), Senin (27/6/2022).

Pada kesempatan itu, Zainuddin bercerita dengan gaya dongeng menjelaskan proses pemilahan sampah botol plastik hingga proses menjadi sofa.

Anak anak dan ibu ibu yang berhadir mencapai 30 orang yang telah membawa sampah botol plastik diajari cara berpraktek pembuatan sobotik.

Diawali dengan pengenalan dengan jenis jenis plastik, lalu cara memilah, merekatkan botol hingga memasang sarung sobotik.

Zainuddin menuturkan, untuk satu produk harga yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000. Saat ini ia melakukan pemasaran melalui media sosial dan menarik banyak minat pembeli. Sehingga omset yang dia hasilkan dapat meraih Rp5 juta perbulan.

Dalam upaya mewujudkan zero waste maka dilakukan pengembangan produk daur ulang plastic untuk menjadi produk baru yang bermanfaat seperti jam dinding, talenan, bean bag dan beberapa produk lainnya.

Untuk dapat merealisasikannya, tersedia mesin alat pencacah sampah plastik dan oven untuk pencetak limbah pastik yang merupakan bantuan dari hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Syiah Kuala tahun 2022.

Dalam pertemuan ini Dr Ichwana juga berdiskusi dengan ibu-ibu bahwa dengan mengelola mengelola limbah juga memiliki potensi ekonomi yang menguntungkan.

Dalam pertemuan ini juga hadir dari Yayasan Inisiatif Berkelanjutan Indonesia, dengan semangat kolaborasi bersama meningkatkan kesadaran dan kreatifitas masyarakat untuk mengelola sampah plastik secara bijak dan memiliki nilai ekonomis.

Laporan Syedara Lon Muhammad Nasir
Narator Syita
Editor Syamsul Azman

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved