Breaking News:

Aceh Jadi Embarkasi Haji Indonesia

Pimpinan DPR-RI Usul Aceh Jadi Satu-satunya Embarkasi Haji di Indonesia, Ini Alasannya

Politisi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar Provinsi Aceh menjadi satu-satunya embarkasi bagi jamaah haji asal Indonesia.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
Dok DPR-RI
Wakil Ketua DPR-RI, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar Provinsi Aceh menjadi satu-satunya embarkasi bagi jamaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi. 

Pimpinan DPR-RI Usul Aceh Jadi Satu-satunya Embarkasi Haji di Indonesia, Ini Alasannya

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA –  Wakil Ketua DPR-RI, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar Provinsi Aceh menjadi satu-satunya embarkasi bagi jamaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang menjadikan usul ini penting untuk dipertimbangkan, salah satunya terkait jarak tempuh yang lebih singkat dan adanya nilai sejarah.

"Jarak tempuh hanya enam jam, dari Aceh ke Arab Saudi. Kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah," kata Dasco dalam keterangan pers, Rabu (29/6/2022).

Karena alasan inilah politisi Partai Gerindra itu berharap usulan ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien.

"Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi para jamaah haji. Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal," harapnya.

Baca juga: 282 Ribu Jamaah Haji Sudah Tiba di Madinah, Melalui Jalur Darat dan Udara

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jamaah calon haji (JCH) Aceh kloter 3 di Bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Jumat  (17/6/2022).
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jamaah calon haji (JCH) Aceh kloter 3 di Bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Jumat (17/6/2022). (HUMAS KEMENAG ACEH)

Menurut catatan sejarah, Aceh merupakan tempat munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Pasai dan Peureulak.

Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, pengaruh agama dan kebudayaan Islam sangat besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Aceh.

Karena itu daerah ujung barat Indonesia ini mendapat julukan "Seuramo Mekkah" (Serambi Mekkah).

Selain itu, Aceh dikenal sebagai Serambi Mekkah karena wilayah ini merupakan awal umat muslim dari wilayah lain berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Untuk itu, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini meminta agar Komisi VIII DPR RI untuk mengkaji usulan ini.

Baca juga: Diingatkan Fokus Ibadah, Jamaah Haji Aceh Diminta Kurangi Update Status dan Selfi

Menurut Dasco, Komisi VIII DPR-RI bisa mengkaji secara lebih mendalam dan komprehensif dengan Kementerian Agama RI.

Pada tahun ini, diketahui bahwa Kementerian Agama sudah memutuskan untuk pemberangkatan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi.  

Yakni Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok. (Serambinews.com/Agus Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved