Breaking News:

Info Subulussalam

Dorong Petani Kembangkan Talas, Walkot Subulussalam: Bisa Sebagai Ketahanan Pangan

Talas Bogor ini sudah banyak dibudidayakan dan digunakan untuk alternatif sumberdaya pangan lokal.

Penulis: Khalidin | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE panen Talas Bogor atau Colocasia esculenta milik Kelompok Tani Bungong Jeumpa, Selasa (5/7/2022) di Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE mendorong masyarakat untuk mengembangkan tanaman talas ( colocasia esculenta ) karena dapat menjadi alternatif ketahanan pangan dan penyangga ekonomi.

Hal itu disampaikan Walkot Affan Bintang di sela-sela panen Talas Bogor atau colocasia esculenta milik Kelompok Tani Bungong Jeumpa, Selasa (5/7/2022) di Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri.

Menurutnya, Talas Bogor ini sudah banyak dibudidayakan dan digunakan untuk alternatif sumberdaya pangan lokal.

"Dari penjelasan petani tadi kita melihat potensi tanaman talas sebagai bagian penyangga ekonomi masyarakat yang lumpuh akibat pandemic covid-19," kata Walkota Affan Bintang

Dia pun mendorong masyarakat Subulussalam dapat menanam talas didamping tanaman lain.

Diakui, masyarakat Subulussalam selama ini mayoritas bertanam kelapa sawit dan jagung. Namun kata Walkot Affan Bintang, tidak ada salahnya untuk menanam talas.

Hal inu karena tanaman talas sangat mudah dikembangkan. Apalagi komoditi ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah dengan adaptasi yang tinggi dan produktivitasnya cukup tinggi.

Selain itu, lanjut Walkot Affan Bintang, talas juga berpotensi dikembangkan lantaran pasarnya jelas baik lokal maupun ekspor.

Hal senada disampaikan Indra, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kota Subulussalam.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved