Breaking News:

Jurnalisme Warga

Mengenal Tugas dan Fungsi BNPT

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh melaksanakan sosialisasi Perempuan Teladan

Editor: bakri
Mengenal Tugas dan Fungsi BNPT
FOR SERAMBINEWS.COM
ZAKIYAH DRAZAT, Mahasiswi S2 Prodi Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH ZAKIYAH DRAZAT, Mahasiswi S2 Prodi Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala, melaporkan dari Banda Aceh

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh melaksanakan sosialisasi Perempuan Teladan, Optimis, dan Produktif (TOP) “Viralkan Perdamaian Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme” pada Selasa 31 Mei lalu, di Aula Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Saya berkesempatan hadir pada acara tersebut sebagai peserta.

Peserta pada kegiatan ini terdiri atas perwakilan organisasi perempuan, lembaga swadaya masyarakat, perempuan bloger, anggota komunitas perempuan menulis, pelajar, mahasiswa, dan lembaga lainnya.

Pemateri pertama, perwakilan BPNT, Kolonel Rahmat Suhendro dari Kedeputian I, menyampaikan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Terorisme mengamanatkan agar penanggulangan terorisme' title=' terorisme'> terorisme dilakukan satu pintu di BNPT.

Selanjutnya, yang berkaitan dengan TNI/Polri, BNPT melakukan koordinasi beserta lembaga lainnya yang saling mendukung.

Adapun tindakan yang dilakukan adalah melakukan tindakan terhadap terorisme' title=' terorisme'> terorisme yang dikoordinasikan oleh BNPT dengan Densus 88.

Dalam menangani terorisme, BNPT tidak semata-mata melakukan penindakan terhadap pelaku terorisme, tetapi juga lebih mengedepankan pendekatan edukasi, memberikan pencegahan kepada masyarakat, sesuai dengan tugas dan fungsi dari Kedeputian I, yaitu bidang pencegahan, perlindungan, dan deradikalisasi.

Baca juga: Densus Tangkap 16 Orang di Sumbar, BNPT: Indonesia Butuh Pemuda Militan

Baca juga: Muhammadiyah Nilai BNPT Timbulkan Kontroversi , Kritisi Daftar Ciri Penceramah Radikal

Kegiatan Deputi I yaitu melakukan pencegahan, perlindungan terhadap korban, perlindungan terhadap objek-objek vital maupun objek nonvital, kemudian melakukan deradikalisai.

Tugas BNPT dalam program deradikalisasi ini terhadap orang-orang yang sudah terpapar terorisme' title=' terorisme'> terorisme dan sudah inkrah secara hukum, maka dilakukan pembenahan mental kepada mereka, meskipun tidak mudah melakukan hal tersebut.

Dalam kegiatan pembenahan mental terhadap pelaku terorisme' title=' terorisme'> terorisme dan orang-orang yang sudah terpapar, tingkat keberhasilannya mencapai 75 % dan sisanya yang 25 % lagi masih keras.

Nah, ini yang harus diwaspadai karena mereka masih tetap ‘keukeh’ pada ideologinya dalam hal terorisme' title=' terorisme'> terorisme.

Selanjutnya, beliau menyampaikan tentang salah satu tugas ke depannya selaku Kepala Kedeputian I adalah mengenai pemberdayaan masyarakat dengan beberapa program, yaitu: mendorong kelompok dan organisasi, meningkatkan kapasitas, menyampaikan dan menerima informasi, memberikan edukasi dan pemberdayaan masyarakat.

Kelima program tersebut dilakukan dengan lima bidang, bidang perempuan, bidang pemuda, bidang media masa, bidang penelitian, dan bidang agama.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved