Breaking News:

Advertorial

Upaya Muslim Aid & YKMI dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di 5 Sekolah Dasar di Aceh

Melalui berbagai intervensi tersebut Muslim Aid & YKMI berharap dapat memberikan sedikit kontribusinya bagi peningkatan kualitas Pendidikan

Editor: IKL
For serambinews.com

Upaya Muslim Aid & YKMI dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di 5 Sekolah Dasar di Aceh

SERAMBINEWS.COM,- Pendidikan masih menjadi hal yang harus terus kita tingkatkan kualitasnya di Negeri ini, namun masih banyaknya problem-problem yang harus dihadapi menjadi sebuah tantangan tersendiri seperti misalnya kurangnya anggaran yang tersedia, masih banyaknya infrastruktur sekolah yang belum memadai hingga kualitas tenaga pengajar yang masih perlu ditingkatkan.

Muslim Aid sebuah Lembaga sosial asal Inggris yang sejak Tsunami Aceh tahun 2006 silam telah bekerja di Indonesia, khususnya di Aceh bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) baru saja menyelesaikan program berdurasi 1 tahun yang bertajuk “Penguatan Kualitas Pendidikan di 5 sekolah dasar di Aceh”. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 27 Agustus 2021 hingga 24 Juni 2022 yang diakhiri dengan kegiatan Workshop Evaluasi dan Lesson Learn (Pembelajaran) dari program yang telah berjalan yang dilakukan pada tanggal 23 hingga 24 Juni 2022.

Upaya Muslim Aid & YKMI

Ruang lingkup kegiatan ini adalah 5 Sekolah Dasar di Aceh Besar yaitu SDN 1 Saree, SDN 2 Saree, SDN 1 Tanoh Abee, SDN Desa Teuladan dan SDN Data Gaseu. Adapun pihak-pihak yang mendapatkan intervensi dari kegiatan ini adalah para Murid dan para Guru serta para stakeholder (pemangku kepentingan) pendidikan lainnya.

Ada dua pendekatan yang YKMI lakukan dalam menjalankan program tersebut yaitu aspek fisik dan non fisik, aspek fisik terdiri dari perbaikan fasilitas pendukung sekolah seperti Penyediaan Sarana Air Bersih dan MCK, Penyediaan Sarana Olahraga, Penyediaan Perlengkapan Sekolah seperti Laptop, Proyektor, Printer, Jaringan internet, Penyediaan sarana perpustakaan meliputi rak buku, buku perpustakaan dan penyediaan fasilitas P3K untuk klinik sekolah.

Sedangkan untuk aspek non fisik, YKMI menyelenggarakan kegiatan seperti pelatihan pembelajaran yang efektif bagi para guru, pelatihan manajemen kelas bagi para guru, pelatihan MS Word bagi para guru, yang kesemuanya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM para tenaga pengajar yang diharapkan dapat memberikan dampak positif secara langsung kepada kualitas pembelajaran di sekolah.

Upaya Muslim Aid & YKMI

Sementara itu manfaat yang diperoleh para murid dalam program tersebut adalah pemeriksaan Kesehatan bagi para murid (Medical Checkup), Pemberian makanan bernutrisi tinggi serta dukungan pendanaan bagi para murid yang masuk dalam kategori keluarga miskin.

Abdul Hamid, selaku Koordinator Program YKMI Aceh menyampaikan harapannya dari program tersebut. “Kami berharap kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi para Guru dan Murid yang merupakan bagian terpenting dalam hal Peningkatan Kualitas Pendidikan di Aceh” tutur beliau.

Sementara itu Dinas Pendidikan & Kebudayaan Aceh Besar, yang  diwakili oleh Sekdisdikbud, Fahrurrazi SE menyampaikan harapannya agar program ini terus berlanjut dan dapat diperluas. “Kami sangat senang dan terbantu dengan adanya program dari Muslim Aid & YKMI ini, kami berharap program seperti ini dapat terus berlanjut dan makin banyak sekolah yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut” tutur beliau.

Melalui berbagai intervensi tersebut Muslim Aid & YKMI berharap dapat memberikan sedikit kontribusinya bagi peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia khususnya di 5 sekolah dasar di Aceh yang menjadi sasaran program tersebut. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved